Pemkab Simalungun menggelar Pesta Rondang Bittang (PRB) ke -33 tahun 2019 di Pantai Bebas Parapat, Danau Toba, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, 19-21 September 2019.

Even budaya itu dibuka Bupati JR Saragih didampingi Wakil Bupati H Amran Sinaga, Wakil Wali Kota Pematangsiantar, Togar Sitorus, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ditandai pemukulan Gondang bersamaan. 

Bupati mengatakan, perhelatan tersebut  untuk meningkatkan serta mendongkrak kemampuan masyarakat agar lebih mengenal budaya di Simalungun secara menyeluruh.

"Ke depannya kita harus selalu melestarikan budaya, sehingga mempunyai rasa tanggung jawab agar sama-sama membangun Simalungun," kata JR Saragih.

Sedangkan penyelenggaraan berbagai even budaya seperti PRB di Parapat dan kawasan Danau Toba lainnya, bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun mancanegara. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Simalungun, Resman Saragih dalam laporan menerangkan, PRB diikuti kontingen dari 32 kecamatan di Kabupaten Simalungun. 

Kesenian dan budaya, olahraga tradisional, komoditi unggulan dari kecamatan diharapkan mampu menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Simalungun, khususnya Parapat yang merupakan bagian dari kawasan Danau Toba.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019