Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), setiap tahun sebanyak 3.295 bayi lahir di Labuhanbatu Utara. Sementara tingkat kelahiran di kabupaten bermotto Basimpul Kuat Babontuk Elok itu sebesar 0,90 persen.

Hal itu diutarakan Bupati Labura H Kharuddin Syah SE sebelum membuka Pencanangan Bhakti Sosial TNI-KB-Kesehatan Kabupaten Labura Tahun 2019 yang dilaksanakan di Pajak Onan Desa Kualaberingin Kecamatan Kualuhhulu, Kamis.
 
Kabid Latbang BKKBN Sumut Dra T Navalinda MPd didampingi Kadis PPKB Labura HM Suib SPd menyerahkan penghargaan kepada Kades Sukaramai Jalaluddin Silaen SAg pada pencanangan Bhakti Sosial TNI-KB-Kes tingkat kabupaten di Desa Kualaberingin Kecamatan Kualuhhulu, Kamis. (Antara Sumut/Sukardi)

Berkaitan dengan kegiatan yang dilaksanakan TNI tersebut, pria yang juga Ketua PD II FKPPI Sumut itu menyatakan, bakti sosial itu merupakan momentum penting dalam meningkatkan KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berecana, Pembangunan Keluarga).

Menurutnya, TNI sangat berperan dalam menyukseskan program KB tersebut. Karena jumlah penduduk bisa menjadi potensi bagi bangsa, namun jika tidak terkendali malah dapat menjadi beban.

Untuk itulah, pria yang akrab disapa H Buyung itu mengajak seluruh komponen baik masyarakat, TNI, pemerintah, dunia usaha dan lainnya dapat bekerjasama dalam menyukseskan program KB.

Pencanangan TNI-KB-Kes yang dihadiri Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, Wabup KRT Drs H Dwi Prantara MM, Ketua DPRD Drs H Ali Tambunan, Kabid Latbang BKKBP Sumut Dra T Navalinda MPd, Kadis PPKB HM Sueb SPd dan lainnya itu ditandai dengan pemukulan gong.

Kegiatan itu juga diwarnai dengan penyerahan penghargaan kepada sejumlah kepala desa di Kualuhhuli dan bantuan kepada tiga Puskesmas serta alat sosialisasi untuk Kecamatan Kualuhhulu dan Kualuhselatan.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019