Pertemuan warga Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir dan Badan Pengelola Otorita Pariwisata Danau Toba (BPOPDT) pada Minggu (15/6), di Aula Kecamatan Lumbanjulu, memberikan hasil positif.

Warga setuju pembukaan jalan Kaldera Toba di Dusun Sileang-leang Desa Sigapiton kembali dilanjutkan. Sebelumnya mendapat penolakan dari warga hingga aksi buka baju.

Di lokasi, Selasa (17/9), dua unit alat berat excavator membersihkan pepohonan untuk membuka dan membentuk jalan Kaldera Toba.

Direktur Utama BPOPDT, Arie Prasetyo mengatakan, dalam pertemuan, warga menyepakati dan setuju pembukaan jalan Kaldera Toba untuk pengembangan pariwisata Danau Toba di Sigapiton.

Baca juga: TPL dan warga bentrok di Simalungun, 12 luka-luka

Poin yang disepakati, tidak ada penggusuran rumah, adanya penyambungan aliran listrik ke rumah warga, menjaga kelestarian sumber air minum dan tidak mengganggu makam yang berada di dalam kawasan 279 hektare. 

Sedangkan pembukaan dan pembentukan jalan Kaldera Toba sepanjang 1,9 kilometer dan lebar 18 meter diperkirakan akan selesai pada akhir September, selanjutnya pengerasan dan belum diaspal.

Baca juga: PT TPL prihatinkan insiden pemukulan di Aek Nauli Simalungun

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019