Pelaksana tugas Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi Dalimunthe membagikan masker secara langsung kepada masyarakat guna mengantisipasi Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat polusi kabut asap kebakaran hutan dan lahan atau karhutlah.

Kegiatan yang berlangsung Jumat (13/9) itu sebagai wujud keprihatinan dan kepedulian Andi Suhaimi Dalimunthe dalam mengimbau masyarakat Labuhanbatu karena kualitas udara yang memburuk.

Dalam kesempatan itu Andi Suhaimi Dalimunthe berharap agar masyarakat memiliki kesadaran meminimalisir aktifitas luar ruang mencegah ISPA polusi asap yang sangat menganggu kesehatan.

Menurutnya, pemerintah daerah harus mengambil langkah antisipasi terhadap polusi kabut asap karhutlah melalui sosialisasi penyakit pernafasan.

Warga Kabupaten Labuhanbatu juga membagikan masker secara swadaya kepada masyarakat. Mereka juga mengimbau warga secara verbal mengurangi aktifitas luar ruang dalam meminimalisir paparan polusi kabut asap yang mengganggu kesehatan.

Berbagai elemen dan komunitas warga serta TNI/POLRI secara sukarela membagikan ribuan masker untuk mengurangi dampak polusi asap yang sudah terjadi dalam sepekan terakhir. 

Mereka terkonsentrasi membagikan di sejumlah persimpangan jalan, ruas jalan inti kota, jalan kecamatan hingga di RSUD Rantauprapat. Jangkauan pembagian masker dari jalan-jalan hingga perkantoran pemerintah maupun swasta sejak pagi hingga sore. 
 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019