Pelaksanaan Sail Nias 2019 dinilai sangat berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kepulauan Nias terutama ke Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, sehingga dengan demikian akan berdampak juga pada peningkatan perekonomian masyarakat di daerah itu.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan, Anggraeni Dachi, di Teluk Dalam, Jumat mengatakan Sail Nias 2019 merupakan ajang yang sangat stategis bagi Kepulauan Nias.

"Dengan adanya Sail Nias tingkat kunjungan wisatawan asing mulai meningkat seiring dengan mulai merapatnya kapal-kapal layar ke Nias Selatan. Selain itu, pelaksanaan event surfing internasional di Pantai Sorake juga menjadi atraksi menarik tersendiri yang mendatangkan wisatawan asing," katanya.

Baca juga: Festival kuliner khas Nias meriahkan Sail Nias 2019

Baca juga: Sail Nias berdampak pada peningkatan perekonomian warga

Sementara Bupati Nias Selatan Hilarius Duha mengatakan pihaknya merasa terhormat dengan dipilihnya Nias Selatan sebagai tuan rumah acara puncak.

"Beberapa rangkaian acara Sail Nias sudah dilaksanakan di Kepulauan Nias sejak 3 September, dan puncak acara diselenggarakan di Nias Selatan tepatnya di Pelabuhan Baru Teluk Dalam Sabtu (14/9) di Dermaga Pelabuhan Baru Teluk Dalam," katanya.

Mewakili pemerintah dan masyarakat Kabupaten Nias Selatan, Hilarius menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada penyelenggara dan pemerintah pusat yang ikut menggerakkan ekonomi masyarakat melalui penyelenggaraan Sail Nias 2019.

"Tentu kami berterima kasih dengan adanya program Sail Nias ini, yang telah membantu menggerakkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan pembangunan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019