Pemerintah Kabupaten Samosir terus berupaya secara bertahap membantu petani untuk memaksimalkan lahan pertanian dan bisa panen dua kali dalam setahun.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Samosir Rapidin Simbolon pada kegiatan sosialisasikan pemanfaatan pompa air kepada warga Kecamatan Palipi, di Aula Kantor Camat Palipi, Jumat (6/9).

Bupati mengatakan, Pemkab melakukan pertemuan dengan kelompok tani dan menyediakan sarana prasarana pertanian, seperti pompa air, rehabilitasi irigasi dalam upaya meningkatkan hasil pertanian petani.

Untuk itu ia mengajak masyarakat agar saling mendukung program pembangunan Samosir yang berbasis Pariwisata dan Pertanian demi mewujudkan kesehjateraan masyarakat.

Baca juga: Pemkab Samosir luncurkan aplikasi sistem pengaduan penyedia barang jasa

Kepala Dinas Pertanian, Victor Sitinjak mengatakan Pemkab telah membangun dua unit pompa air berkapasitas 50 liter per detik di Kecamatan Palipi. 

Sarana air itu mengairi 120 hektare dan dimanfaatkan 120 kepala keluarga di Desa Palipi dan Desa Pallombuan.

Kegiatan dihadiri Asisten II Saul Situmorang, Kadis PUPR Pantas Samosir, Kadis Kominfo Rohani Bakara, Kabag Humas Hartopo Manik, Camat Palipi Darwin Parhusip, Kepala Desa dan tujuh kelompok tani.

 Baca juga: Dinas Pertanian Samosir sosialisasikan pemanfaatan pompa air

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019