Pemkab Deliserdang, Sumatera Utara, akan mengoptimalkan kualitas pelayanan publik melalui  reformasi birokrasi dan peningkatan pada aspek pelayanan umum.

"Itu merupakan arah kebijakan pembangunan tahun 2020 yang masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun 2019-2024," kata Wakil Bupati Deliserdang HMA Yusuf Siregar di Lubuk Pakam, Kamis.

Ia mengatakan Rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019-2024 tersebut juga sudah disampaikan ke DPRD Deliserdang melalui rapat paripurna.

Penyusunan dokumen RPJMD tersebut, kata dia, merupakan amanat peraturan perundang-undangan yang menjadi tanggung jawab politik kepala daerah terpilih untuk ditetapkan melalui peraturan daerah.

Dokumen RPJMD itu telah disusun melalui beberapa tahapan, mulai dari penyusunan rancangan teknokratik, rancangan awal hingga rancangan akhir RPJMD Deliserdang tahun 2019-2024.

Sedangkan substansi RPJMD itu meliputi gambaran tentang kondisi daerah, permasalahan dan isu strategis, tujuan dan sasaran, strategi dan arah kebijakan serta program pembangunan untuk mencapai visi dan melaksanakan misi kepala daerah.

Serta menjadi acuan resmi pedoman penyusunan dokumen rencana strategis (Renstra) perangkat daerah yang merupakan dokumen perencanaan perangkat daerah selama lima tahun ke depan.

Juga dapat dijadikan sebagai tolok ukur dan instrumen bagi pemerintah daerah, DPRD dan masyarakat dalam melakukan evaluasi kinerja dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah untuk mewujudkan visi yang terdapat dalam dokumen tersebut.

Ia mengatakan, visi Kabupaten Deliserdang tahun 2019-2024 yaitu Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

Untuk mewujudkan visi tersebut perlu didukung melalui misi yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing yang mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian dalam memantapkan struktur ekonomi yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif.

"Juga meningkatkan sarana dan prasarana sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi yang berorientasi kepada kebijakan tata ruang serta berwawasan lingkungan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019