Seorang haji atas nama Hasnah Abdul Gani Nasution binti Abdul Gani (67) asal Kota Padang Sidempuan yang tergabung pada Kelompok Terbang 12 Debarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara, meninggal di Tanah Suci Mekkah.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Haji (PPIH) Embarkasi Medan, H Farhan Indra, dikonfirmasi Rabu malam (4/9) membenarkan haji yang beralamat di Jalan Mawar No 29 Ujung Padang, Kota Padangsidimpuan, wafat di tanah suci.

Menurut dia, haji asal Padangsidimpuan itu, wafat 24 Agustus 2019 pukul 15.00 WAS, di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) karena penyakit Circulatory Diseases, dan dimakamkan di Baqi.

Jamaah haji yang tutup usia itu, eks kelompok terbang (Kloter) 9 Debarkasi Medan, mutasi ke Kloter 12 Debarkasi Medan.

Namun belum lagi kembali ke tanah air, haji asal Padangsidimpuan itu, telah tutup usia di Mekkah, katanya.

Baca juga: Jamaah haji tertua asal Simalungun meninggal dalam perjalanan pulang

 Baca juga: Jumlah haji kloter 11 Debarkasi Medan berkurang satu orang

Sementara itu, sebanyak 391 orang haji yang tergabung pada kloter 12 Debarkasi Medan tiba di Asrama Haji Medan, Rabu malam sekitar pukul 10.00 WIB.

Dari jumlah 391 orang haji kloter 12 Debarkasi Medan itu terdiri atas 154 pria dan 237 wanita. Dari jumlah jamaah haji tersebut, yakni 287 orang dari Kota Binjai, 26 orang dari Kabupaten Deli Serdang, 1 orang dari Kota Medan, upaten Labuhan Batu, 56 orang dari Kota Medan, 1 orang dari Kabupaten Labuhan Batu, 2 orang dari Kabupaten Asahan, 3 orang dari Kabupaten Langkat, dan 9 orang petugas TPHD/TKHD dan TPHI.
Pimpinan Kloter 12 Debarkasi Medan atas nama Muhammad Arifin Tanjung bin Khudri Tanjung.

Rombongan haji tersebut disambut Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumut H Iwan Zulhami, Plt Wali kota Binjai Timbas Tarigan, dan Kakanmenag Kota Binjai H Abdul Rahman Harahap.

Jumlah jamaah haji Sumut yang berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 2019 tercatat sebanyak 8.641 orang dengan 22 kloter Embarkasi 1 Medan. Namun yang berangkat ke Mekkah sebanyak 8.525 jamaah haji (98,60 persen).Tidak jadi berangkat 116 jamaah (1,34 persen) karena sakit, meninggal dunia sebelum masuk Asrama Haji Medan dan ditunda keberangkatan ke Mekkah.

Baca juga: Seorang haji asal Labuhan Batu meninggal dunia di Mekkah

Baca juga: Seorang jamaah haji Madina wafat di Mekkah
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019