Untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan, Pemkot Tanjungbalai meluncurkan aplikasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah elektronik (e-LPPD) guna memudahkan penyusunan pelaporan.

Peluncuran aplikasi e-LPPD itu berlangsung di sela-sela rapat koordinasi pemerintah (Rakorpem) Kota Tanjungbalai di Aula Bundar Balai Kota Tanjungbalai, Senin (2/9).

Wali Kota Tanjungbalai, H.Muhammad Syahrial berharap, e-LPPD dapat memudahkan kinerja setiap aparatur dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan hingga evaluasi.

Keberadaan e-LPPD juga merupakan alat bantu agar setiap daerah dapat segera memasukkan data terkait penyelenggaraan pembangunan daerah.

"Melalui e-LPPD akan memudahkan untuk memasukkan data, sehingga tidak memakan waktu lama dimana tim harus memberikan batas waktu serta mengingatkan daerah yang belum menyerahkan data," katanya.

Baca juga: Wali Kota Tanjungbalai lepas 81.000 Kg hasil laut ke China

Wali Kota melanjutkan, e-LPPD merupakan inovasi baru yang bisa digunakan oleh pemerintah provinsi, kabupaten/kota dengan menggunakan sistem online dari semua perangkat daerah. 

Caranya dengan melakukan entri data besaran maupun data pendukung dalam format yang diijinkan oleh sistem e-LPPD.

"Kita berharap terobosan ini mulai diterapkan dalam penyusunan LPPD di tahun mendatang, karena target kita jelas, yakni meraih kembali pestasi dengan kinerja terbaik," ujar Syahrial. 

Kabag Pemerintahan dan Otda Setdakot Tanjungbalai, Pahala Zulfikar, mengatakan, tujuan penggunaan e-LPPD untuk memetakan permasalahan serta mencari solusi capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan di 26 urusan wajib dan 8 urusan pilihan secara cepat, akurat dan informatif.

Penggunaan aplikasi e-LPPD harus terus disosialisasikan kepada tim penyusun LPPD di masing-mading Organisasi Perangkat Daerah di jajaran PemkoTanjungbalai.

"Kami berharap program terobosan ini mulai diterapkan dalam penyusunan LPPD di tahun mendatang," ujar Pahala.


Baca juga: Terkait berita sewa preman, Wali kota ingin hadirkan wartawan

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019