Babinsa Koramil 07/Sosopan, Kodim 0212/TS (Tapanuli Selatan, Serka AK Sihotang memberikan materi Wawasan Kebangsaan kepada Pelajar Anak Usia Dini (PAUD) - Taman Kanak-kanak (TK) Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Nastaiin  di Desa Pasar Matanggor, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara.

Kegiatan ini berlangsung selama Dua Minggu sejak dimulai dari Rabu, 28 Agustus 2019 diikuti 75 orang peserta anak didik. Materi yang diberikan yaitu Sejarah Indonesia, Pancasila, lagu lagu Kebangsaan, Budaya, Toleransi , Budi Pekerti dan Cinta Tanah Air.

"Pola materi kita sesuaikan usia para murid, agar anak-anak mudah mengerti, memahami, dan mencerna dengan harapan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan masyarakat," kata AK Sihotang.

Menurut dia, edukasi wawwasan kebangsaan dan cinta tanah air perlu dan bahkan sangat penting ditanamkan pada anak usia dini. Harapannya, guna membentuk karakter, sekaligus menjadi pondasi yang  kuat agar anak-anak generasi harapan bangsa ini mampu menjawab tantangan masa depan nantinya.

"Kita juga akan ada menyuguhkan model pembelajaran bercerita, bertanya dan bermain bersama (Senin - Jumat) dengan waktu yang diberikan selama satu jam, Insya Allah dapat bermanfaat," tambahnya.

Ketua YPIT Nastiin, Sulaiman Siregar mengatakan, sangat mengapresiasi Babinsa Koramil 07/Sosopan Kodim 0212/TS, AK Sihotang yang  secara tulus dan ikhlas membagikan ilmunya demi masa depan anak-anak didiknya tersebut.

"Mudah-mudahan ilmu yang didapatkan generasi anak bangsa ini kelak bermanfaat serta berguna dalam kehidupan berbangsa dan bernegara NKRI," ucap Sulaiman berlatar belakang Jurnalis Metro TV ini.

Untuk diketahui, suami Helmidayanti Harahap ini satu tahun belakangan telah memanfaatkankan lahan dan bagunannya yang ada untuk dijadikan sebagai wadah menuntut ilmu bagi anak anak desanya.

Dengan niat tulus iklhas setahap demi setahap berbagai fasilitas permainan anak anak,  baik di dalam ruangan dan dihalaman sekolah mulai dia lengkapi.

Meski belum dikatagorikan lengkap, namun PAUD - TK Nastaiin sudah memberikan yang terbaik dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa. "Yang paling terpenting adalah niat ikhlas, dan sabar," ucapnya.

"Yayasan Nastaiin yang mempunyai visi menjadi lembaga yang menghasilkan generasi milenial  yang berakhlakul kharimah, cerdas, kreatif, dan mandiri ini mampu dalam menjawab tantangan masa depan yang semakin ketat dapat terwujud," tutur ayah empat anak ini kepada ANTARA.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019