Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal, kunjungi perkebunan Pisang Mas di Dusun Sailing, Pekon Sumbermulyo, Kecamatan Sumberejo, Tanggamus, Lampung, Rabu (28/8).

Dalam peninjauan ini turut juga dihadiri oleh Kadis Pertanahan, Ahmad Faizal dan Kadis PMPPTSP, Parlin Lubis

Kunjungan ke perkebunan binaan sekaligus mitra dari PT Great Giant Pineapple (GGP) ini untuk mempelajari metode penanaman pisang mas dan sistem kemitraan antara kelompok tani dengan perusahaan sehingga dapat dicontoh dan diterapkan oleh sejumlah perwakilan kabupaten/kota yang ikut dalam kunjungan tersebut.

Hasil produksi pisang dari perkebunan ini telah diakui kualitasnya sehingga telah melejit ke pasar Internasional.

Dalam peninjauan itu turut juga dihadiri Asisten Deputi Agrobisnis, Yuli Sri Wilanti, Asisten Deputi Perkebunan dan Hortikultura Wahyu Nurcahyo, Asisten Deputi Perkembangan Industri Sonny Wibisono, Direktur Buah dan Hortikultura Liferdi Lukman dan Direktur Fasilitas Kepabeanan Tatang Yuliono.

Sedangkan perwakilan dari 10 kabupaten/kota dari seluruh Indonesia dihadiri oleh Kabupaten Bandar Meriah Provinsi Aceh, Kabupaten Mandaling Natal Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Humbang Hasudutan Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Lingga Provinsi Riau, Kabupaten Blitar, Madiun, Magetan, Nganjuk, Bondowoso, Ponorogo dan Pacitan Provinsi Jawa Timur.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal, Taufik Zulhandra Ritonga kepada ANTARA melalui selulernya menyampaikan, konsep kolaborasi yang oleh petani dan kelompok usaha tani setempat melalui Koperasi Usaha Tani dengan perusahaan ini nantinya akan diterapkan di Mandailing Natal.

Salah satunya adalah dengan membuat demplot yang dibuat oleh perusahaan sendiri yang kemudian dikembangkan kemasyarakat.

"Masyarakat nanti akan dibina dan diajari menanam pisang sendiri. Bibitnya juga akan diberikan," katanya.

Ia menyebutkan, salah satu kabupaten yang akan mendapat kerjasama dengan PT. GGP  tersebut adalah Kabupaten Mandailing Natal. Untuk itu dirinya mengucapkan terimakasih kepada Menko Perekonomian, Darmin Nasution yang telah memberikan dukungan sehingga Madina mendapat kerjasama dengan perusahaan tersebut

"Atas dukungan bapak Menko Perekonomian Kabupaten Mandailing Natal merupakan salah satu kabupaten yang mendapat kerjasama dengan perusahaan itu," ujarnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019