Ketua umum organisasi terbesar di Nias Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Nasional V di Forest Grand Hotel Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

"Ketua umum yang terpilih secara aklamasi pada Munas kemarin adalah Marinus Gea," ucap Mario Hulu, salah satu anggota Himni melalui pesan singkat, Senin.

Menurut Mario, Marinus Gea yang juga anggota DPR RI sebelumnya juga ketua Himni, dan beliau kembali terpilih untuk kedua kali memimpin Himni periode 2019-2023.

"Sebelumnya ada tiga calon yang maju sebagai kandidat, tetapi dua calon lainnya yakni Etika Halawa dan Mardin Zendrato mengundurkan diri," terangnya.

Mario juga memberitahu, Munas HIMNI yang dibuka Menteri Hukum dan Ham RI Prof.DR.Yassona H Laoly dihadiri seluruh perwakilan Himni di sleuruh Indonesia.

Ketua Umum terpilih Marinus Gea pada sambutannya pada Munas V Himni juga menyinggung tentang potensi kelautan Kepulauan Nias.

Dimana menurut dia keunggulan Pulau Nias selain sektor pariwisata adalah sektor perikanan.

Karena itu, dia berharap pemerintah daerah se-Kepulauan Nias dan Pemprov SUmut membuat grand design dan road map pembangunan sumber daya perikanan di Kepulauan Nias.

Dalam perspektif yang lebih luas, potensi kelautan Nias tidak terbatas pada sumber daya perikanan.

Tetapi dapat menjadi potensi ekonomi maritim yang di dalamnya ada kombinasi sumber daya perikanan, pariwisata bahari,

Sumber daya alam (mineral, minyak dan gas bumi), dan lintas laut (perdagangan) serta sumber daya pertahanan laut.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019