Tidak kurang dari seratus anak TK (Taman Kanak-kanak) di Tapanuli Selatan antusias mengikuti lomba mewarnai satwa langka Harimau Sumatera dan Orangutan.

Lomba dalam rangka memeringati Tiger Day (29 Juli ) dan Orangutan Day (19 Agustus) 2019 ini bertujuan menanamkan rasa cinta terhadap satwa liar dilindungi. Dilaksanakan serempak di tiga titik wilayah, Minggu (25/8).

Untuk wilayah Kecamatan Batang Toru dilaksanakan di Gedung TK Lestari, selanjutnya di Kantor Camat Kecamatan Marancar, dan Kantor Camat Kecamatan Sipirok.

Menurut salah satu panitia lomba dari lembaga Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III Padangsidimpuan, Gunawan, disela kegiatan di Batang Toru, mengatakan selai rasa cinta juga upaya mengenalkan satwa langka sejak usia dini.

"Dengan harapan setelah mereka tumbuh dewasa nanti anak-anak TK ini tidak lagi hanya tahu cerita tentang Harimau dan Orangutan, bahkan bisa menginformasikannya ke masyarakat lainnya," harapnya.

Komposisi penilaian lomba kata dia, mulai dari hasil kebersihan mewarnai, kerapian, dan lainnya. Dua orang (juara satu dan dua) hasil seleksi penilaian akan menjadi wakil peserta kecamatan masing-masing di tingkat final 29 Agustus 2019 mendatang.

"Bagi para juara akan diberikan hadiah dan piagam. Dalam tahap seleksi awal seluruh peserta mendapatkan sertifikat dan buah tangan berupa boneka orangutan dan lainnya," kata Gunawan.

Yang sekaligus menyebut acara ini terselenggara berkat lembaga - lembaga seperti PLTA Bantang Toru - PT.NSHE, Pemkab Tapsel, KPA Forester, JAMM, Lintas Cakrawala, BBKSDA, dan Srimpi.

Camat Batang Toru M.Yamin Batubara, Camat Marancar Arman Pasaribu, dan Camat Sipirok Sardin Hasibuan, ketiganya senada mengapresiasi diadakannya lomba seperti ini.

"Selain menumbuhkembangkan bakat mewarnai (seni) juga diharapkan anak-anak TK ini kelak merasa cinta akan flora dan fauna khususnya di wilayahnya masing-masing," harap ketiga camat terpisah.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019