Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Sulawesi Tengah kunjungan pendidikan ke Unit Kebun Teh PTPN IV di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (19/8).

Askep merangkap Pjs Manager, Robert Tampubolon didampingi Masinis Kepala Pabrik, Sahat Sibaran, Asisten Tanaman Ardi Artanto memandu peserta ke sejumlah areal perkebunan dan memaparkan secara ringkas proses pengolahan tanaman teh.

Areal itu untuk penanaman, pemanenan dengan menggunakan gunting mesin dan manual, penimbangan dan pabrikan.

Robert Tampubolon menjelaskan, pengalihan dari sistem petik tangan ke gunting manual dan mesin mulai diterapkan sejak tahun 1997 dengan tujuan meningkatkan produktivitas.

Kebun Teh seluas kira-kira 6.000 hektare dan 4.015,94 hektare merupakan tanaman produktif, satu-satunya unit kebuh teh di lingkup usaha PTPN IV.

Peserta antusias dengan penjelasan dan memberikan sejumlah pertanyaan terkait jumlah produktivitas daun teh dan pemasaran, serta lama proses pengolahan bahan baku menjadi bahan siap dikonsumsi.

Kasubag PKBL PTPN IV, Afni Ria Safitri didampingi Kasubag PKBL, Zulyadi Nasution menyebutkan, jumlah peserta sebanyak 26 orang, tiga di antaranya guru pendamping.

Para siswa siswi itu berasal dari sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah berada di Sumatera Utara 15-22 Agustus 2019.

Baca juga: Peserta SMN asal Sulawesi Tengah belajar tarian Tor-Tor

Baca juga: Peserta SMN asal Sulawesi Tengah takjub dengan legenda 'Batu Gantung'
 

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019