Kelompok tani binaan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) "Sinar Baru Taruna" Desa Pagar Gunung Kecamatan Kotanopan berhasil meraih juara pertama pada lomba kebun kopi Arabika specialty Kabupaten Mandailing Natal 2019.

Lomba kebun kopi yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dan Kopi Rakyat Indonesia (KRI) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-74.

Piagam penghargaan juara ini langsung diterima oleh Mhd. Irsal Nasution, petani kopi Pagar Gunung yang lahannya dinilai oleh juri, mewakili kelompok tani di rumah dinas Bupati Madina pada Sabtu malam (17/8).

Kepala Balai TNBG Ir. Sahdin Zunaidi, M.Si melalui Polhut, Riki Susandra kepada ANTARA, Minggu (18/8) menyampaikan, kelompok tani Sinar Baru Taruna ini merupakan kelompok binaan di desa penyangga Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) resort 3 SPTN II Kotanopan yang bergerak dibidang budidaya kopi Mandailing.

Awal sejarah pembinaan kelompok tani ini dilakukan sejak tahun 2011 yang lalu setelah dilakukannya proses pengkajian terhadap potensi yang ada pada desa penyangga itu.

"Setelah kita melakukan pengkajian ternyata masyarakat disana semangatnya Kopi sejak itulah kita melakukan pembinaan budidaya kopi Mandailing," ujarnya.

Alasan masyarakat memilih budidaya kopi ini dijelaskan Riki adalah selain ingin menjaga ekosistem alam juga bagian dari mengembalikan kejayaan kopi Mandailing.

"Sebelumnya kopi dikawasan tersebut dulunya pernah jaya, namun belakangan hilang begitu saja. Atas kondisi inilah masyarakat kembali ingin mengulang kejayaan kopi Mandailing dikawasan  itu," ujarnya.

Selain ingin mengembalikan kejayaan kopi Mandailing sebut Riki masyarakat juga menyadari arti penting tutupan hutan untuk menjaga kwalitas kopi mereka.

Hingga saat ini kelompok tani tersebut sudah menghasilkan dan ground coffee (kopi bubuk) dengan nama produk Pagar Gunung Mandheling Coffee.

"Pembinaan terhadap kelompok ini terus kita lakukan termasuk memberikan bantuan penjemuran sesuai standar," ujar mantan Kepala Resort wilayah 3 itu.

Pemberdayaan terhadap semua desa penyangga terus dilakukan TNBG salah satunya adalah Desa Pastap Julu dengan  kawasan Eko Wisata.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019