Tim pendakian gunung Sorik Marapi kembali berhasil mengibarkan bendera merah putih sepanjang 100 meter di puncak gunung Sorik Marapi Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal.

Kado untuk negeri ini sendiri dipersembahkan oleh ratusan peserta yang terkumpul dari mahasiswa, pelajar, pecinta alam, dan pegiat konservasi yang tergabung dalam Ranger Sorik Marapi untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74.

Pendakian puncak gunung yang memiliki ketinggian 2.145 meter Diatas Permukaan Laut (DPL) ini merupakan agenda tahunan kelompok pecinta alam dengan Balai Taman Nasional Batang Gadis.
 
Pengurus Ranger Sorik Marapi, Bincar Rajab saat dihubungi ANTARA, Sabtu (17/8) menyampaikan, pengibaran bendera sepanjang 100 meter ini dilakukan oleh 139 orang peserta yang ikut dalam pendakian tersebut.

"Kegiatan ini setiap tahun kita laksanakan, tahun yang lalu juga kita melakukan pengibaran bendera merah putih dipuncak gunung," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Taman Nasional Batang Gadis, Bobby Nopandry S.Hut MA menyampaikan, kegiatan pendakian gunung Sorik Marapi ini merupakan agenda tahunan kelompok pecinta alam dengan Taman Nasional Batang Gadis.

"Selain memeriahkan HUT RI, kegiatan ini juga bagian dari upaya promosi keindahan alam TNBG kepada publik," sebutnya.

Gunung Sorik Marapi adalah sebuah gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis yang secara administratif berada di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. 

Sorik Marapi merupakan gunung berapi aktif. Puncak gunungnya  berada di koordinat 0°41' 11" LS and 99° 32' 13" BT.

Di puncaknya terdapat sebuah danau vulkanik. Gunung ini tercatat pernah meletus sebanyak tujuh kali. Masing-masing pada tahun 1830, 1879, 1892, 1893, 1917, 1970, 1986 dan terakhir pada tahun 1987. 

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019