Mengingat wilayah Kabupaten Mandailing Natal yang terdiri dari kawasan hutan dan areal perkebunan membuat beberapa wilayah yang ada di kabupaten ini rawan terhadap terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Dari data tahun 2018 luas areal perkebunan besar dan luas areal perkebunan rakyat serta luas kawasan hutan di Kabupaten Mandailing Natal mencapai 548.710,04 hektar

Luas areal ini terdiri dari luas areal perkebunan besar seluas 69.572 hektar, perkebunan rakyat seluas 95.748,04 hektar dan luas kawasan hutan 383.390 hektar.

Dengan luasnya kawasan hutan dan areal perkebunan ini sangat berpotensi terjadinya kebakaran hutan baik di kawasan hutan maupun di areal perkebunan perusahaan dan perkebunan rakyat.

Peristiwa kebakaran hutan ini hampir terjadi setiap tahunnya.

Seperti beberapa hari yang lalu kebakaran hutan ini terjadi di perkebunan rakyat di Desa Sipapaga dan di Desa Sidojadi Kecamatan Bukit Malintang.

Untuk kebakaran di Desa Sipapaga setidaknya ada lima hektar lahan yang terbakar, sedangkan di Desa Sidojadi setidaknya satu hektar lahan perkebunan yang terbakar.

Kebakaran ini diduga diakibatkan oleh buangan puntung rokok warga saat hendak pulang dari kebun pada rumput yang kering dilokasi pembangunan bandara udara Bukit Malintang itu.

Mengingat Kabupaten Mandailing Natal, sangat rawan dengan terjadinya kebakaran hutan, Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengharapkan bantuan peralatan pemadam kebakaran hutan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kepala BPBD Mandailing Natal melalui Sekretaris, Harisah saat dihubungi ANTARA, Jumat (16/8) menyampaikan, dengan minimnya peralatan pemadaman yang dimiliki saat ini, BPBD sangat mengharapkan bantuan peralatan dari BNPB untuk mendukung proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang ada di kabupaten itu.

Adapun alat yang dibutuhkan tersebut terdiri dari mesin pompa jinjing, Nozzel, G Conector, kenderaan slip on unit, mesin pompa air berkekuatan tinggi, pompa apung, pompa portable, peralatan logistik,medis dan SAR, peralatan mekanis, Buldozer dan traktor dan penampung air. 
 

Pewarta: Holik

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019