Siswa peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 dari Sumatera Utara dan Sulawesi Tengah unjuk kebolehan dengan menampilkan sejumlah tarian dan nyanyian di hadapan sejumlah pejabat BUMN.

Unjuk kebolehan itu mereka tampilkan saat acara pembukaan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 yang digelar di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Kamis.  

Acara dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang diwakili Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi dan Keuangan, Agus Tripriyono.

Sejumlah pejabat BUMN yang hadir di antaranya Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PTPN IV Rizal H Damanik, Ketua I Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) Wilayah Sumut Riza Fahlevi Naim dan Kasubag Komunikasi dan HE, Syahrul Aman Siregar.

Direktur Operasional Perum Jasa Tirta i Alfan Rianto, Direktur keuangan, Umum dan SDM PT.KIM Adler M Siahaan.

Kemudian, Direktur Eksekutif PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Ismadi YS Jenal, Kepala LKBN Antara Biro Sumut Riza Mulyadi dan sejumlah pejabat lainnya.

Baca juga: Siswa SMN asal Sumut ingin tahu kondisi pascagempa di Palu

Baca juga: Siswa SMN asal Sumut tertarik budaya Sulawesi Tengah

Siswa asal Sumatera Utara dalam acara tersebut menampilkan tarian kolosal multi etnis yang merupakan perpaduan tarian dari sejumlah etnis di Sumatera Utara seperti Nias, Melayu, Tapanuli Selatan, Pakpak, dan Batak.

Selain mereka juga membawakan lagu Melayu berjudul Fatwa Pujangga yang dengan serasi ditampilkan oleh empat siswa termasuk seorang siswa difabel.

Sementara siswa dari Sulawesi Tengah menampilkan tarian Mokanggu yang secara ciamik dibawakan oleh sejumlah siswa.

Penampilan para siswa mendapat aplus dari semua hadirin yang ada pada acara tersebut.

SMN 2019 ini diikuti oleh 35 siswa yang berasal dari 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara, termasuk dua diantaranya siswa berkebutuhan khusus dan akan berangkat ke Sulawesi Tengah.

PIC dari Program SMN 2019 di Provinsi Sumatera Utara yakni PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV dan Co-PIC adalah PT. Kawasan Industri Medan (KIM) dan Jasa Tirta I.

Sementara siswa dari Sulawesi Tengah yang berangkat ke Sumatera Utara sebanyak 23 orang ditambah 3 guru pendamping yang dikoordinir PT.Inalum bersama BGR Logistic.

Baca juga: BUMN kenalkan 23 SMN asal Sulteng tentang budaya Sumut

Baca juga: Gubernur Sumut apresiasi program Siswa Mengenal Nusantara yang digelar BUMN

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019