Siswa peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sumatera Utara mendapat pembelajaran mengenai proses pengelolaan kelapa sawit di PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) Kebun Adolina, di Perbaungan, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Selasa (13/8).

Para peserta dibimbing langsung oleh Manajer Kebun Adolina Noveri Idris Butar Butar, mengitari pabrik kelapa sawit Adolina. Mereka diperkenalkan dengan proses pengolahan kelapa sawit yang dimulai dari kecambah, penanaman sampai buah dikirim ke pabrik.

"Kita juga memperkenalkan dan menyampaikan kepada anak-anak bagaimana buah kelapa sawit di kelola menjadi CPO ," kata Manajer Kebun Adolina Noveri Idris Butar Butar.

Ia berharap, melalui program yang diselenggarakan oleh PTPN IV, PT KIM dan Perum Jasa Tirta I ke Kebun Adolina ini, dapat menambah ilmu pengetahuan terhadap kelapa sawit.

Karena tujuan program ini sangat penting dan bagus bagi siswa-siswi yang mungkin belum begitu mengenal tentang pabrik kelapa sawit.

"Dan ini merupakan transfer knowledge bagi anak-anak yang pada saat ini ingin lebih banyak lagi tau tentang bisnis-bisnis yang dilakoni oleh BUMN. Ini sangat penting, agar mereka lebih mempersiapkan diri kedepannya. Suatu saat akan lebih memajukan lagi perusahaan terutama BUMN," ujarnya.

Baca juga: Peserta SMN kunjungi Kebun Adolina PTPN IV

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan program rutin yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan untuk tahun 2019 di Sumut bertindak sebagai penyelenggara adalah PTPN IV selaku koordinator berserta, PT. Jasa Tirta I, dan PT. KIM.

Program SMN tahun ini dari Sumatera Utara sebanyak 35 siswa yang terpilih setelah melewati seleksi yang digelar dinas pendidikan setempat.

Ke-35 siswa tersebut merupakan perwakilan dari 33 kabupaten/kota dan dua siswa berkebutuihan khusus dari SLB Negeri Salak Dairi dan SLB Negeri Batubara. Selama kegiatan nantinya akan didampingi oleh dua guru pendamping dan satu dari dinas pendidikan.

Baca juga: Peserta SMN dengarkan pengolahan kelapa sawit di pabrik PTPN IV

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019