Rektor Universitas Negeri Medan Prof Dr Syawal Gultom, MPd mengapresiasi mahasiswanya yang telah membawa harum nama perguruan tinggi negeri itu dengan meraih peringkat tujuh Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional XIV 2019 di Universitas Syiah Kuala, Aceh.

"Kami juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh kafilah Unimed, pelatih, pendamping dan seluruh peserta yang telah berjuang secara maksimal," kata Syawal, di Medan, Rabu.

Kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV, di Universitas Syiah Kuala, Aceh, 28 Juli-4 Agustus 2019.

Menurut dia, prestasi kafilah MTQ Unimed ini membawa kabar yang membanggakan dan menambah prestasi secara nasional bagi seluruh civitas Unimed.

"Semoga prestasi kafilah Unimed ini terus mendorong seluruh mahasiswa untuk tidak kenal lelah belajar dan mengasah diri dalam belajar dan berinovasi," ujarnya.

Syawal menyebutkan, tidak ada prestasi yang tak mungkin dapat diraih, jika menerapkan dalam diri mahasiswa pesan Rasul "man jadda wajadda" (siapa yang bersungguh-sungguh pasti dapat).

Sementara, Ketua kafilah Unimed Dra.Dilinar Adlin,MPd mengatakan merasa bangga karena seluruh tim dan civitas Unimed dinobatkan menjadi peringkat tujuh nasional dari 1.937 peserta yang hadir.Dari 179 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia yang ikut berpartisipasi pada MTQMN di Aceh.

Ada 15 cabang yang dikompetisikan di MTQMN XIV yakni Tilawatil Qur'an, Tartil Qur'an, Hifzhil Qur'an, Fahmil Qur'an, Syahril Qur'an, Qira'ah Sab'ah, Kaligrafi Dekorasi, Kaligrafi Kontemporer, Pembacaan Kitan Maulid Nabi Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al Qur'an, Debat Ilmiah Kandungan Al Qur'an Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, serta Desain Aflikasi Komputer Al Qur'an.

Unimed berada pada peringkat tujuh besar karena berhasil memperoleh 7 juara pada 15 kategori yang dikompetisikan.

Prestasi yang berhasil diraih mahasiswa Unimed itu adalah Sandi Rahman Koto Juara 1 cabang Kaligrafi Dekorasi Putra, Muhammad Endiko Ananta Juara 2 cabang Tilawah, Muhammad Ersyad Ansyari Juara 3 cabang Qira'ah Sab'ah Putra, dan Eva Sandi Juara Harapan 3 cabang Qira'ah Sab'ah Putri.
Kemudian, Rizki Fadli Rangkuti Jaura Harapan 2 cabang Tartil, Tutur Achmad Syiddiq Juara 3 cabang Kaligrafi Kontemporer Putra dan Tia Agustin Juara Harapan 1 cabang Kaligrafi Kontemporer Putri.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019