Kawasan Pelabuhan Lama dan Tangga Seratus di Kota Sibolga, Sumatera Utara saat ini sedang dibenahi untuk ditata menjadi tempat wisata yang baru. Di tempat itu nantinya beragam fasilitas akan dibangun Pemkot Sibolga melalui Dinas Pariwisata.

Menurut Yahya Hutabarat sebagai Plt Kadis Pora Kota Sibolga ketika dikonfirmasi ANTARA, Rabu (7/8), proses tender pengembangan kawasan Pelabuhan Lama dan Tangga Seratus Sibolga sedang berlangsung melalui layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Pemko Sibolga.

“Khusus di kawasan Pelabuhan Lama ada 9 fasilitas objek wisata akan dibangun pemerintah, di antaranya, panggung hiburan, pusat jajanan kuliner, taman bermain, pusat souvenir, jogging track, fasilitas bilas pascaberenang dari laut, dan mushola. Sedangkan untuk Tangga Seratus, akan dibangun gazebo, yempat istirahat, taman bacaan, tempat foto dan selfi,” ungkapnya.

Selain membangun fasilitas di dua lokasi, sambung Yahya, Pemkot juga akan membenahi Bukit Ketapang.

“Jalan menuju Bukit Ketapang sekarang sudah diperbaiki dan nyaman dilalui. Nanti akan dibangun di tempat itu spot goto  dengan latar keindahan laut Sibolga. Dengan demikian masyarakat dan wisatawan semakin tertarik untuk mengunjungi Bukit Ketapang,” katanya.

Lebih lanjut disebutkan ketua IPSI Kota Sibolga itu, Dinas Pariwisata Sibolga sudah mengajukan anggaran ke Kementerian Pariwisata sebesar Rp4,6 miliar dan Rp8 miliar dari APBD Kota Sibolga tahun 2020 untuk pengembangan lanjutan objek wisata Sibolga.

“Untuk itu kami mengajak dan mengimbau masyarakat agar menjaga dan merawat fasilitas yang sudah dibangun pemerintah. Memang kesadaran masyarakat kita untuk memelihara fasilitas umum masih kurang, sehingga banyak sarana yang sudah dibangun pemerintah dirusak, seperti  di Ujung Sibolga. Semua fasilitas yang ada di Ujung Sibolga sudah rusak dan ada yang dicuri. Marilah kita bekerja sama mendukung pemerintah dan menjaga fasilitas yang sudah dibangun, sehingga tidak ada kesan bahwa pemerintah tidak peduli,” imbuhnya.
 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019