Dalam memeriahkan Silaturrahmi Nasional (Silatnas) Barisan Muda Indonesia Raya (BMIR), 24 grup Gordang Sambilan akan bergema di taman Raja Batu komplek perkantoran Payaloting, Panyabungan pada Rabu (7/8) yang akan datang.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Mandailing Natal, Zulkhairi Pulungan kepada ANTARA, Senin, (5/8) menyampaikan, pagelaran yang baru pertama dilaksanakan itu nantinya juga akan menampilkan tarian delapan etnis Sumatera Utara dan festival tor-tor Mandailing.

Pertunjukan pagelaran seni budaya Gordang Sambilan terheboh dalam sejarah ini nantinya akan diikuti sebanyak 24 grup Gordang Sambilan atau 360 orang pemain.

Ia menyebutkan, dalam pagelaran Gordang Sambilan ini nantinya 24 grup Gordang ini akan menabuh gordang secara bersamaan.

"Kita harapkan festival ini nantinya bisa masuk dalam rekor Muri," katanya.

Ia menyampaikan, setelah acara pagelaran kesenian Mandailing Gordang Sambilan selesai kemudian dilanjutkan dengan audisi festival suara Madina.

Festival ini bertujuan untuk menjaring penyanyi-penyanyi daerah terbaik Mandailing Natal yang nantinya akan di rekrut menjadi duta Madina atau menjadi model dalam film Kopi Mandailing.

"Dalam audisi ini turut sebagai tim juri  berasal dari artis ibukota seperti Machica Mochtar, P. Malarange, Roy Marten, Anwar Puadi dan Syamsir KDI," sebutnya.
 

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019