Manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumut akan menerapkan kebijakan baru yakni wajib registrasi untuk calon penumpang yang masuk kategori mendapatkan tiket kereta dengan tarif reduksi.

Manager Humas PT KAI (Persero) Divre I Sumut, M Ilud Siregar di Medan, Rabu, mengatakan, calon penumpang yang berhak atas tarif reduksi kereta api ada beberapa golongan.

Mulai para lanjut usia, anggota TNI, Polri, LVRI, dan wartawan.

"Tetapi sejalan dengan perkembangan, penumpang yang akan mendapat tarif reduksi itu, wajib atau harus melakukan registrasi terlebih dahulu," katanya.

Kebijakan tersebut berlaku untuk keberangkatan mulai tanggal 1 September 2019.

Adapun registrasi dilakukan mulai tanggal 1 Agustus 2019 di "customer service" stasiun atau di loket stasiun yang melayani perjalanan kereta api jarak jauh dan menengah.

Dia menjelaskan, apabila di stasiun tersebut tidak memiliki layanan "customer service" maka calon penumpang harus membawa bukti identitas asli atas hak reduksi yang masih berlaku.

"Registrasi juga dapat diwakilkan dengan syarat tambahan yaitu membawa pas foto terbaru penumpang yang akan didaftarkan," katanya.

Registrasi dilakukan paling lambat tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Registrasi tersebut cukup dilakukan sekali saja sampai berakhirnya masa reduksi penumpang yang bersangkutan.

"Jika masa reduksi sudah habis dan menginginkan hak reduksi kembali, maka wajib dilakukan registrasi ulang," katanya.

Dia memberi contoh, perjanjian kerja sama antara TNI/Polri dengan KAI yang habis masa berlakunya atau surat tugas bagi wartawan yang sudah kadaluarsa.

Adapun kemudahan untuk program itu, calon penumpang cukup menyebutkan nama/ nomor HP/ nomor identitas dan menunjukkan identitas asli (bukan foto copy, scan, atau sejenisnya) tanpa menyertakan foto copy identitas lagi seperti sebelumnya di setiap transaksi di loket.

Baca juga: Sumut dapat tambahan satu kereta api penumpang

Baca juga: Kereta Api Kesehatan Sumut layani masyarakat di Dolok Merangir

Baca juga: Rel layang kereta api di Sumut direncanakan beroperasi akhir Agustus

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019