Kabupaten Langkat meraih penghargaan nasional sebagai salah satu kabupaten layak anak dalam acara Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak sekaligus Peringatan Hari Anak Nasional (HAN)  Tahun 2019, di Hotel Fuor Points Makasar.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas PPKB dan PPA Kabupaten Langkat Hj Purnama Dewi Tarigan SH, di Stabat, Jumat.

"Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri PPPA RI Yohana Susana Yembise,  guna mendorong pemerintah daerah  memenuhi kebutuhan anak Indonesia, serta mempercepat pencapaian Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030, "katanya.

Purnama Dewi Tarigan menerangkan terdapat 432 kabupaten/kota se Indonesia,  mengikuti proses penilaian KLA ini.

Namun  hanya 247 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan KLA pada empat kategori yaitu Utama, Nindya, Madya dan Pratama.

Untuk Langkat sendiri, mendapatkan kategori Pratama, atas kepedulian dan komitmen dari Pemkab Langkat bersama lembaga, dunia usaha dan masyarakat dalam penyelenggaraan perlindungan anak.

 “Allhamdulilah Langkat termasuk kabupaten yang mendapatkan KLA dari 247 kabupaten/kota tersebut," katanya. Hal ini dapat kita raih, atas dukungan serta bimbingan  penuh dari Bupati, yang selalu memberikan motivasi dan semangat, untuk selalu memperhatikan hak anak Langkat,” sambungnya.

Pada malam penghargaan itu juga putra Langkat yang tergabung dalam Forum Anak kabupaten Langkat, terpilih mengikuti forum Anak Tingkat Nasional Muhammad Nur Fadillah dari MAN 2 Langkat, yang mendapat fasilitas dari Dinas PPKB Dan PPA Provinsi Sumatera Utara dan Kemen PPPA RI.

“Terdapat dapat 10 anak yang terpilih dari Sumut, salah satunya putra Langkat. Atas keberhasilan ini semua, kami mengucapkan terima kasih  kepada Gugus tugas KLA, seluruh OPD Pemkab Langkat, lembaga dan dunia usaha yang peduli terhadap pemenuhan hak anak dan perlindungan anak Langkat,” katanya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019