Wali Kota Binjai Muhammad Idaham menawarkan penjualan air  curah yang dihasilkan oleh  Instalasi Pengolahan Air  (IPA)  milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtasari Binjai  untuk memenuhi kebutuhan air  bagi pelanggan PDAM  Tirtanadi  Medan.

Tawaran tersebut disampaikan langsung  oleh Idaham saat berkunjung kepada  Gubernur Sumatera Utara  Edy Rahmayadi, di  ruang rapat lantai 10 Kantor Gubernur Sumut  Jalan Diponegoro  Medan, Rabu.

Kepada  Gubernur  Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur  Musa Rajekshah, Idaham menjelaskan saat ini di Binjai sedang dibangun dua  IPA masing- masing IPA di kecamatan Binjai  Selatan yang memanfaatkan air baku dari sungai Bingai  dengan kapasitas 300 liter/detik  dan  IPA Binjai  Utara yang memanfaatkan air baku  dari pertemuan sungai Bingai  dan sungai Mencirim, juga dengan kapasitas   300 liter/ detik.

Dengan  demikian akan ada penambahan kapasitas sebesar  600 liter/detik. Dari keseluruhan  kapasitas  terpasang  terhadap  pemakaian air  di Kota Binjai  berdasarkan pertumbuhan pelanggan, maka diperkirakan  masih  ada kapasitas tidak terpakai (idle capacity) sebesar 550  liter/detik, katanya.

"Sehubungan dengan adanya  idle capacity  produksi air sebesar  550 liter/detik, kami menawarkan  penjualan air curah  ke wilayah Kota Medan,” sambungnya.

Idaham memperkirakan  kapasitas air 550  liter /detik akan mampu melayani penambahan  sebanyak 44 ribu pelanggan  di Kota Medan, dengan asumsi pemakaian  air sebesar  30 m3/pelanggan.  Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyambut baik dan menyatakan  setuju.

Dia juga memerintahkan kepada  pimpinan instansi terkait  untuk  secepatnya merealisasikan  tawaran  kerjasama tersebut. Menurut Edy selama hal tersebut  untuk kebaikan  masyarakat,  pemerintah provinsi pasti bersedia mendukung  dan membantu.

“Hal seperti inilah  yang kita butuhkan dalam membangun Sumut ini, saling komunikasi  dan sinergi antara pemprov dan pemerintah kabupaten / kota, “ katanya.

 Edy mengungkapkan tidak ingin ada anggapan  bahwa  dirinya  membeda-bedakan  kabupaten /kota. Baginya selama pemerintah daerah  kabupaten/kota  ingin maju  dan menyejahterakan rakyat , Edy selalu  siap membantu.

Wali Kota Muhammad Idaham didampingi  Sekretaris  Daerah Muhammad Mahfullah  Pratama Daulay,  Asisten  Wali Kota Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dahnial Reza, Direktur PDAM Tirtasari Muhammad Idham,  Kepala Bappeda Agustawan Karnajaya, Kepala Dinas PU Elvi Kristiba, Kabag Humas Rudi Iskandar.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019