Adanya gagasan dari tiga kepala daerah untuk membangun jalan tol Tarutung-Sibolga yang melintasi kawasan Tapanuli Tengah, mendapat dukungan dan sambutan positif dari gerakan mahasiswa kristen indonesia (GMKI), Gito M Pardede.

Menurut Korwil GMKI Sumut-NAD itu, pembangunan jalan tol tersebut akan menjadi motor pariwisata dan ekonomi masyarakat secara umum, khususnya di ketiga daerah itu selaku penggagas.

“Sumatera Utara sejak dulu terkenal dengan berbagai macam panorama alam dan parawisata yang cukup indah. Keberadaan itu harus dimanfaatkan seiring pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat, secara khusus di tiga daerah itu (Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Kota Sibolga),” kata Gito, Senin (1/7) di Medan.

Menurut Gito, GMKI memandang positif dan mendukung gagasan ketiga kepala daerah itu, dan siap berkontribusi memberikan masukan serta dukungan agar pemerintah pusat melihat kondisi yang terjadi di lapangan yang sangat mengharapkan pembangunan itu.  

“Insfrastruktur jalan yang bagus sangat mendukung pariwisata dan perekonomian yang ada di kawasan Danau Toba dan pantai Barat Sumatera. Dengan terwujudnya jalan tol itu nantinya, maka perekonomian masyarakat pasti meningkat, karena kendala yang dialami masyarakat saat ini sulitnya medan menembus jalan Tarutung-Sibolga yang penuh dengan resiko. "Ungkapnya.

Sedangkan dibidang sektor pariwisata, kata pria berusia 27 itu, Tarutung punya wisata rohani dan destinasi Danau Toba dengan icon Muara. Sedangkan Sibolga dan Tapanuli Tengah memiliki wisata bahari yang tak kalah bagusnya dengan Bali, serta titik Nol masuknya Islam ke Nusantara dan  artefak purba yang bisa menjadi tujuan wisata.

Untuk itulah GMKI berharap kepada pemerintah pusat untuk mewujudkan gagasan bagus dari tiga kepala daerah sebagai sebuah upaya membangun sektor pariwisata dan perekonimian di kawasan Danau Toba sampai ke pinggiran Pantai Barat. 

"GMKI mendukung kepala daerah Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga mendorong rencana pembangunan yang sangat potensial ini," tutupnya.

Sebagaimana diberitakan ANTARA sebelumnya, tiga kepala daerah, yakni Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, telah berkoordinasi untuk menggagasi pembangunan jalan tol Tarutung-Sibolga melintasi kawasan Tapanuli Tengah sebagai wujud medukung Danau Toba sebagai destinasi Nasional dan Internasional. 

Gagasan itu nantinya akan disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019