Konsulat Indonesia di Songkhla, Thailand Selatan telah mendukung kegiatan promosi wisata halal Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata RI kepada 35 tur operator Thailand Selatan di Hotel Centara Hat Yai, Songkhla, Thailand Selatan, Kamis (27/6).

Dalam sambutannya Konsul RI Songkhla, Fachry Sulaiman, menyampaikan bahwa even ini tepat waktunya dengan meningkatnya minat masyarakat Thailand Selatan terhadap destinasi wisata Indonesia. Khususnya di 5 provinsi paling selatan di Thailand (Songkhla, Satun, Pattani, Yala, dan Narathiwat), di mana sejumlah besar populasi masyarakat Muslim Thai berada, dengan jumlah sekitar 3 juta jiwa yang dapat disasar untuk target wisata halal Indonesia. 

Minat tersebut terus tumbuh dengan pengajuan visa pelajar Thailand Selatan ke Indonesia mencapai rata-rata 1.200 per tahunnya. Saat ini sekitar puluhan ribu pelajar Thailand, mayoritas Muslim dari Thailand Selatan, belajar di kampus-kampus di Pulau Jawa dan Sumatera. Keadaan ini menunjang promosi kota-kota dan tujuan wisata di Indonesia, kepada teman dan keluarga mereka di Thailand Selatan. 

Kesempatan potensial lainnya adalah rencana peluncuran rute Air Asia Phuket-Jakarta yang diharapkan dapat mulai beroperasi Agustus 2019. 

Konsulat juga rutin mengadakan Famtrip bagi tur operator maupun media Thailand Selatan mengunjungi destinasi wisata Indonesia, yang salah satunya tahun ini direncanakan akan dilakukan di Jakarta dan Bandung, mengenang kunjungan Raja Rama V Thailand ke Jawa pada awal abad ke-20. 

Dessy Ruhati, Asisten Deputi Promosi untuk wilayah Singapura, Thailand dan Indo-China dari Kemenpar RI membuka even ini dengan memperkenalkan destinasi Indonesia Beyond Bali serta langkah yang diupayakan Kemenpar RI untuk mendatangkan Muslim travelers ke Indonesia.
 
Anang Sutono, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Halal Kemenpar RI mempresentasikan strategi Indonesia mempromosikan wisata halal. 

Tety Ariyanto dari Tim Percepatan Pengembangan Wisata Halal Kemenpar RI menjelaskan tentang destinasi-destinasi halal Indonesia di antaranya, Padang, Sumatera Barat. 

Peserta dihibur dengan Tari Pendet dari Bali, Tari Payung dari Sumatera Barat, dan Tari Jaipong dari Jawa Barat.

Kemenpar RI menghadiahkan lucky draw bagi 1 tur operator berupa paket tur wisata ke Padang, termasuk tiket dan hotel.
 

Pewarta: Irsan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019