Tim sepak bola Kabupaten Asahan untuk pertama kalinya sukses meraih emas cabang olahraga sepak bola Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprov Sumut) 2019 setelah dipertandingan terakhir meraih kemenangan 2-0 atas Dairi di Stadion Mini USU, Rabu (26/6) .

Pada laga itu Asahan tampil full team, mengandalkan Andriansyah, Rama Setiawan dan Faisal di depan, mereka langsung menggempur pertahanan Dairi. Hasilnya menit ke-24, Asahan membuka keunggulan lewat Rama Setiawan.

Rama Setiawan kembali menjadi momok bagi pertahanan Dairi. Berselang tujuh menit, Rama kembali membobol gawang Dairi. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Dairi coba memberi perlawanan. Beberapa peluang mereka ciptakan, namun belum mampu menggetarkan jala Asahan yang dikawal Raja Khatulistiwa. Asahan juga masih berupaya mencetak gol tambahan.

 Namun berbagai peluang emas gagal berbuah gol. Skor 2-0 pun menjadi hasil akhir laga.

Dengan kemenangan ini Asahan mengoleksi 10 poin hasil dari tiga kemenangan dan satu hasil imbang. Sebelumnya mereka menumbangkan Medan (2-1), Labura (4-0) dan ditahan imbang Binjai (0-0).

Sementara Medan berada di urutan kedua dengan koleksi enam poin. Mereka akan berebut perak dengan Labura di tempat ketiga dengan koleksi empat poin yang akan dimainkan  Jumat  Stadion Mini USU.

 Pelatih Asahan Abdul Rahman Marasebessy mengatakan anak asuhnya bermain sesuai instruksi.

 "Anak-anak main maksimal dan menjalankan strategi dengan baik. Sangat puas dengan capaian ini karena memang kami menargetkan emas," kata Marasebessy.

Sementara itu Ketua KONI Asahan Nur Karim Nehe mengapresiasi capaian positif tim sepak bola Asahan. 

"Ini sejarah bagi Asahan. Untuk pertama kalinya kami meraih emas sepak bola. Mudah-mudahan kami juga bisa mendulang emas dari cabor-cabor lain," kata Nehe.

Sementara itu  Ketua Askot PSSI Asahan, Armen Margolang SP, mengaku bersyukur tim sepakbola binaannya membuat sejarah baru menjuarai Porprov Sumut 2019. 

Ini membuktikan pembinaan sepakbola di Asahan berjalan dengan baik dengan melahirkan pemain-pemain berkualitas.

"Dengan sejumlah prestasi yang sudah diraih, Asahan membuktikan sebagai daerah yang paling sukses melakukan pembinaan sepakbola di Sumut. Sebelumnya Asahan menjuarai Piala Soeratin U-15 Provinsi Sumut tahun 2018 dan menjadi juara di tingkat Nasional," ujar Armen.

Baca juga: Serdang Bedagai kuasai angkat besi Porprov Sumut


Baca juga: Medan tambah 3 emas karate Porprov Sumut 2019

Baca juga: Porprov Sumut, pegulat putri Tanjungbalai raih medali perak

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019