Wali Kota Tanjungbalai, H.Muhammad Syahrial mengajak seluruh elemen masyarakat agar mengimplementasikan nilai-nilai fundamental Pancasila, yakni sila ketiga, Persatuan Indonesia.

Hal itu disampaikan Wali Kota saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2019 di Lapangan Balai Kota Tanjungbalai, Sabtu (1/6).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Hariyono mengatakan, geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan harus kita perkokoh dengan konsep dan keyakinan akan ‘tanah air Indonesia'.

Berada di antara dua samudra, (Pasifik dan Hindia) serta di antara dua benua, Asia dan Australia, meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa Indonesia memiliki ruang hidup tanah-air sebagai satu kesatuan. Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan.

Meskipu sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, namun harus diakui bahwa eksistensi keIndonesiaan, baik sebagai bangsa maupun sebagai negara, masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

“Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan untuk mewujudkan persatuan Indesia, ” tegasnya.

Kemudian, melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019, perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ”politik harapan’ dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, serta pandangan dunia untuk membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

"Kami mengajak kita semua bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila," ujar Wali Kota.

Pantauan dilapangan, hadir dalam upacara tersebut, Wakil Wali Kota Tanjungbalai, H.Ismail, Ketua DPRD, Maralelo Siregar, Plh. Sekretaris Daerah Halmayanti, mewakili Dandim 0208/AS, Wakapolres Kota Tanjungbalai, Kompol Edi Bona Sinaga, Wadanki Subden 3/B Sat Brimob Sumut, Iptu Sakti Ilham Sutrisno, personil TNI, Polri, ASN, OKP serta para pelajar.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019