Enam hari menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, sejumlah pemudik mulai meninggalkan kota Medan.

Hal ini merupakan momen mudik atau biasa disebut pulang ke kampung halaman menjelang perayaan hari libur Lebaran 2019 ini.

Pantauan ANTARA, sejumlah loket angkutan umum antar kota maupun antar provinsi di Kota Medan, pada Kamis (30/5) mulai dipadati para pemudik.

Seperti yang terlihat di loket PT Angkutan Lintas Sumatera (ALS), yang terletak di Jalan Sisingamangaraja Medan.

Sejumlah calon pemudik tampak menunggu kedatangan bus yang akan mengantarkan mereka ke tempat tujuan masing-masing. Reza, salah seorang pemudik mengaku kerap menjadikan hari libur Lebaran sebagai momentum merajut silaturahim dengan keluarga.

"Kalau mau Lebaran gini kita selalu usahakan untuk pulang ke kampung. Kalau hari biasa susah mau pulang, karena kan kita kerja," katanya , Kamis.

Melonjaknya jumlah para pemudik terpantau mulai hari ini, karena bertepatan dengan hari libur kenaikan Isa Almasih. Hal ini juga diakui oleh Humas PT Angkutan Lintas Sumatera (ALS) Alwi Matondang.

"Baru mulai hari inilah penumpangnya ramai, karena ini juga hari libur, " ujarnya.

Mengenai puncak arus mudik, ia memprediksi akan terjadi pada H-4 atau mulai tanggal 1-3 Juni 2019. "Seperti tahun-tahun sebelumnya puncaknya itu udah dekat-dekat hari Lebaran. Tapi itu pun dari hari ini udah padat kali penumpang nya," jelas Alwi.
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019