Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H.Edy Rahmayadi mengimbau Forum Koordinasi Pemimpin Daerah (FKPD) untuk kompak dan bersinergi dalam membangun suatu daerah baik itu Kabupaten atau Kota.

Hal itu diungkapkan Gubsu dalam acara tatap muka bersama FKPD, kepala OPD, Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan dijajaran Pemkot Tanjungbalai di Balai Kota setempat, Kamis (23/5).

Menurut Gubsu, tidak hanya kepala FKPD dan OPD, Camat, Lurah hingga kepala lingkungan dituntut untuk membantu kepala daerah membangun  daerah.

"Tanpa dukungan FKPD hingga kepala lingkungan, Wali Kita atau Bupati tidak akan mampu melakukan apapun. Begitu juga Gubernur, tanpa dukungan Bupati dan Wali Kota, pemerintah provinsi tidak akan mampu berbuat yang terbaik," ujar Edy Rahmayadi.

Gubsu melanjutkan, Kapolres, Dandim, Kejari maupun Danlanal beserta jajajaranya memiliki tugas dan fungsi masing-masing yang harus disinergikan dengan program dan kegiatan pemerintah kabupaten/kota.

Di suatu Kelurahan atau Desa, Lurah dan Kepala Desa wajib memahami situasi apa yang terjadi di wilayahnya, demikian juga Bhabinkamtibmas (Polisi) dan Babinsa (TNI) harus bisa menguasai setiap persoalan masyarakat di wilayah tugasnya.

Gubsu menyontohkan, dengan mengetahui suatu hal seperti kasus anak menderita gizi buruk karena orang tuanya miskin, maka atas sinergitas antara Lurah/Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan LPM, maka persoalan tersebut pasti bisa segera diatasi.

Baca juga: Gubsu shalat dzuhur di Masjid Sultan Tanjungbalai
Baca juga: Wali Kota Tanjungbalai tutup tadarusan PKK

"Disamping infrastruktur, kami (Pemprovsu) prioritas terhadap pembangunan bidang kesehatan dan sosial masyarakat. Untuk itu pemerintah daerah diminta fokus terhadap dua persoalan tersebut," ujar Gubsu Edy Rahmayadi.

Sebelumnya, Wali Kota Tanjungbalai, H.Muhammad Syahrial menyambut hangat kunjungan kerja Gubernur dalam rangka Safari Ramadhan Pemprovsu ke Tanjungbalai.

Wali Kota berharap, Pemrovsu dapat memperhatikan dan memberikan dukungan terhadap pembangunan demi kemajuan Kota Tanjungbalai.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019