Bupati Nias, Sumatera Utara, Sokhiatulo Laoli, mengajak semua pihak di daerah itu untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik indonesia usai pelaksanaan Pemilu 2019.

"Saya berharap semua pihak mengikuti semua tahapan pemilu dengan baik dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan
dalam bingkai NKRI," katanya, pada rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Jumat.

Menurut dia, pelaksanaan pemilu di Kabupaten Nias berjalan dengan lancar dan sukses mulai dari tahapan awal hingga proses penghitungan suara di semua tingkatan.

"Secara umum kami menilai bahwa penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Nias tahun 2019 telah berjalan dengan aman, lancar dan damai," ucapnya.

Ia menyadari, terdapat berbagai kendala teknis dilapangan seperti pelaksanaan pemungutan suara ulang yang dilaksanakan di Desa Sifaoroasi Uluhou, Kecamatan Bawalato.

Namun hal tersebut tidak signifikan mengganggu proses tahapan Pemilu di Kabupaten Nias. "Kita sadari masih ada kendala teknis dilapangan seperti pelaksanaan psu di Desa Sifaoroasi Uluhou, tetapi tidak signifikan mengganggu proses pemilu di Kabupaten Nias," katanya.

Ia berharap apa yang terjadi di Desa Sifaoroasi Uluhou menjadi pengalaman dan tidak terulang pada pelaksanaan Pemilu ke depan.

Sebelumnya Ketua KPU Kabupaten Nias, Firman Mendrofa. juga mengakui jika pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Nias berjalan lancar. Mengenai masalah di Desa Sifaoroasi Uluhou sehingga digelar PSU, menurut dia hal tersebut dalam penanganan Badan Pengawas Pemilu.

 

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019