Era teknologi yang semakin canggih membuat perempuan bertambah mudah menempati posisi pekerjaan yang biasa dilakukan pria, kata Direktur Hubungan Eksternal PT Agincourt Resources ( perusahaan pengelola tambang emas Martabe) Linda Siahaan.

"Teknologi membantu mendorong kesetaraan gender.Jadi untuk bisa meningkatkan perannya, perempuan harus semakin menguasai teknologi," ujarnya di Tambang Emas Martabe, Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumut, Kamis.

 

Dia mengatakan itu saat membuka Diskusi Seru Kartini Now Melek Teknologi antara lain dengan pembicara Dr Fatmasari Dyah Permata dari Prasetiya Mulya.

Peringatan Hari Kartini 2019 yang bertemakan "In a World of Technology, People Make the Difference" digelar perusahaan itu sejak tanggal 22-25 April .

Tema itu berkaitan dengan fakta bahwa di dunia yang serba cepat saat ini dimana sebagian besar pilihan gaya hidup dipengaruhi oleh kenyamanan dan teknologi.

Teknologi berdampak pada lingkungan, manusia, dan masyarakat secara keseluruhan.

Linda menegaskan, bagi perusahaan itu sendiri peringatan Hari Kartini mengingatkan kembali komitmen untuk merangkul keragaman dan inklusivitas di semua aspek operasi sehari-hari.

Diharapkan forum diskusi yang diikuti evaluasi diri itu bisa mendorong motivasi karyawan wanita dan juga laki-laki untuk mengembangkan diri.

Diskusi itu juga untuk bisa mengetahui atau memahami diri sendiri dan bagaimana mengekspresikan diri sebagai talenta potensial.

"Diskusi itu juga dapat digunakan sebagai cara komunikasi bagi karyawan wanita untuk menyuarakan gagasan serta memotivasi peserta bahwa teknologi dapat mendukung karir," katanya.

Senior Manager Corporate Communications PT Agincourt Resources Katarina Siburian Hardono menyebutkan, pada era digital saat ini, penguasaan teknologi maju merupakan faktor utama pendorong kompetensi dan motivasi.

Tidak terkecuali, katanya, bagi para karyawan perempuan, khususnya dalam pengembangan karier.

Baca juga: Tambang Emas Martabe sosialisasikan efisiensi pengelolaan dan produksi
Baca juga: Dapat pengobatan gratis, masyarakat Simarlelan apresiasi Tambang Emas Martabe

Penguasaan teknologi maju memungkinkan untuk menemukan, mengevaluasi, memproduksi hingga berkomunikasi bermodalkan arus informasi melalui berbagai saluran dengan mudah dan cepat.

"Penguasaan teknologi maju juga bisa memudahkan pekerjaan hingga meningkatkan efisiensi dan motivasi sehingga kinerja perusahaan secara keseluruhan ikut terdorong," katanya.

Di industri pertambangan emas, ujar Katarina, teknologi adalah aspek utama untuk memastikan keberhasilan operasional.

Tambang Emas Martabe memfasilitasi dan mendukung pemanfaatan serta penggunaan teknologi bagi seluruh karyawan untuk meningkatkan efisiensi dan mendorong kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Katarina menjelaskan, kegiatan perayaan Hari Kartini 2019 di Tambang Emas Martabe yang dimulai sejak 22 - 25 April 2019 menampilkan berbagai kegiatan mulai aerobic zumba, perlombaan seperti kompetisi penulisan, desain poster serta video blog.

Kemudian kegiatan diskusi, pemeriksaan kesehatan gratis meliputi USG mamae, pap smear, dan pemeriksaan prostat bagi para karyawan pria.


 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019