Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan menugaskan tim medis untuk memantau kondisi kesehatan petugas pemilu yang sedang melakukan rekapitulasi penghitungan suara di setiap kecamatan.

"Hal itu dilakukan sebagai langkah dan bentuk kemitraan yang positif kepada pihak penyelenggara pemilu dan petugas keamanan yang bertugas di sejumlah kecamatan di Padangsidimpuan dalam penanganan medis," ucap Kadis Kesehatan Pemkot Padangsidimpuan, H Letnan Dalimunthe, Kamis.

Tim medis akan bersiaga untuk memberikan pelayanan kesehatan khusus bagi petugas penyelenggara dan keamanan dari TNI dan Polri yang melaksanakan penghitungan suara dan mengawal suksesnya pengamanan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan hingga selesai tingkat kota.

Ia berharap, pelayanan kesehatan lebih dini kepada petugas dapat mengantisipasi adanya gangguan kesehatan atau menyebabkan meninggal dunia seperti di daerah lain akibat faktor kelelahan dan minimnya penanganan awal.

"Penanganan awal lebih penting seperti diberikan oxygen, cairan infus, atau rujukan ke faskes lebih lanjut, sehingga faktor kelelahan tidak berakibat fatal," katanya.

"Kesehatan itu jauh lebih penting, kepada petugas yang mengawal jalannya rekapitulasi suara saya berpesan jangan sungkan untuk selalu menanyakan kondisi kesehatannya," tambah dia.

Letnan Dalimunthe menyebutkan petugas kesehatan rutin jika diperlukan untuk menngecek kondisi pihak penyelenggara, pihak keamanan, dan petugas partai yang mengawal rekapitulasi suara di masing-masing kecamatan hingga selesai.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019