Pemerintah Kota Binjai melakukan pembinaan demi meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan perempuan, organisasi perempuan guna peningkatan peran serta dan kesetaraan gender dalam pembangunan di daerah itu diantaranya belajar suminagashi.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber yang merupakan pakar suminagashi yang berasal dari Kota Bandung yakni Linda Marlina, di Binjai, Senin. 

Linda Marlina, menjelaskan bahwa suminagashi merupakan teknik dekorasi pada kain, dengan menggunakan teknik seperti membuat tekstur marmer, dan menjadikan air sebagai media lukis. 

Ia mulai membangun usaha kecil pada tahun 2011 diawali dengan origami dan sejak dua tahun lalu mulai mengisi pelatihan suminahasgi. 

Keterampilan suminagashi memiliki nilai seni dan daya jual yang tinggi, dimana suminagashi sendiri merupakan teknik kuno yang dilakukan oleh masyarakat Jepang untuk mendekorasi sebuah kertas dengan tinta warna. 

Kepala Dinas P3AM Meidy Yusri mengungkapkan kemajuan zaman mengubah pandangan perempuan dalam bidang pembangunan, kami berkomitmen berupaya meningkatkan kualitas hidup perempuan dalam segala bidang.

Tujuan dari pembinaan ini demi meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan perempuan yang semakin dituntut berfikir maju dan kreatif. Dimana sasarannya adalah perempuan yang tergabung dalam organisasi yang ada di Binjai. 
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019