Jumlah siswa SMA sederajat yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2019 diLabuhanbatu Utara sebanyak 2.369 orang. Jumlah tersebut berasal dari 17 sekolah yang tersebar di delapan kecamatan.

Demikian dikatakan Kasi SMA dan PK Cabang Dinas Pendidikan Tanjungbalai Dinas Pendidikan Sumut Drs H Hilaluddin Nasution MPd kepada Antara, Senin.

“Pelaksanaan UNBK di Labura diikuti 2.369 siswa SMA dan 1.089 siswa Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta.," ujarnya.

Total, tambahnya lagi, keseluruhan siswa SMA dan MA yang ikut UNBK di Labura sebanyak 3.458 orang yang terdiri dari 1.760 siswa jurusan IPA dan 1.698 dari jurusan IPS.

Untuk SMA sederajat, siswa yang paling banyakpesertanya adalah SMAN-1 Kualuhhulu yaitu 322 orang yang terdiri dari 166 jurusan IPA dan 156 jurusan IPS. Sedangkan yang paling sedikit adalah SMA Tunas Harapan yang hanya diikuti 21 siswa dari jurusan IPS.

Menurut mantan Kepala SMAN Kualuhhilir tersebut, pelaksanaan UNBK ini juga akan dimonitor oleh pejabat/petugas dari Dinas Pendidikan Sumut. “Besok ada dua orang dari Dinas Provinsi yangmonitoring UNBK SMA/MA,” sebutnya.

Disebutkannya, UNBK untuk siswa SMA/MA ini akan dilaksanakan selama empat hari yaitu pada tanggal 1, 2, 4 dan 8 April. “UNBK dimulai Senin tanggal 1 April dan berakhir pada 8 April karena adanya hari libur nasional,” terangnya.

Pada pelaksanaan UNBK SMK pekan lalu, Hilaluddin bersama dengan Kepala UPT Dinas PendidikanTanjungbalai-Labura Drs H Rahmat Hidayat Rambe MPd juga melakukan monitoring ke Labura.

Selain itu, terlihat juga dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumut Siska Purnama Sari datang untuk memonitor pelaksanaan UNBK tingkatSMK di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut.

Pewarta: Sukardi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019