Wali kota Binjai Sumatera Utara Muhammad Idaham menyamoaikan pekan minat baca merupakan salah satu upaya  dalam meningkatkan minat budaya baca, menumbuhkembangkan pengetahuan anak serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) guna memajukan bangsa.

Hal itu disampaikan Wali kota Binjai Muhammad Idaham, di Binjai, Rabu, saat menutup Pekan Minat Baca.

Muhammad Idaham sangat mengapresiasi kegiatan Pekan Minat Baca karena merupakan salah satu bahagian dari program literasi yang dilakukan. 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena merupakan salah satu bahagian dari program literasi yang kita lakukan. Membaca adalah jendela dunia, menulis itu adalah untuk mengurai dunia, jadi tanpa membaca kita tidak akan memiliki pengetahuan dan tanpa menulis kita tidak bisa mengapresiasikan diri kita," katanya. 

Diharapkan kedepanya ingin melakukan perubahan dimana kita tidak lagi memberi kompetisi kepada anak kita, kita hanya menyalurkan bakat dan minat mereka, karena jikalau anak-anak kita mulai kecil kita bangun berkompetisi, kita cari menang sampai kalah, sampai kapanpun teman disebelahnya adalah saingannya. 

Idaham juga mengatakan bahwa semua peserta yang hadir adalah penerus bangsa dan saat ini kita lah yang mengukir mereka ingin menjadi apa, seorang kompetitor yang paling baik yang merasa semua adalah kompetisi atau kita buat mereka saling menyayangi dan saling membantu. 

"Mari mari kita bangun, kita rubah agar kedepannya anak-anak kita menjadi anak-anak yang sangat memiliki akhlak, menyayangi dan tidak merasa orang lain adalah saingannya", harapnya. 

Kepala Dinas Perpustakaan Sri Rahmawati kegiatan Pekan Minat Baca dimana jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut sebanyak 160 siswa yang terdiri dari 31 peserta mengikuti lomba menulis artikel untuk pelajar tingkat SMP,  32 peserta mengikuti lomba pidato bahasa Inggris untuk tingkat SMP,  40 peserta mengikuti lomba mewarnai tingkat taman kanak-kanak, serta 29 peserta mengikuti lomba bercerita untuk tingkat SD. 

"Kepada para pemenang kami ucapkan selamat, namun jangan berpuas diri karena masih banyak tantangan yang akan dihadapi pada masa yang akan datang. Kepada yang belum beruntung, jangan kecewa karena masih ada kesempatan untuk waktu yang akan datang." katanya.

Juri yang ditunjuk menetapkan Olga Olivina dari MTsN Binjai yang merupakan juara satu lomba pidato bahasa Inggris tingkat SMP dan M Yuliz Causar siswa SDN 028226 Binjai Timur juara satu lomba bercerita. 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019