Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menyusun prgram yang menjadi skala prioritas pembangunan 2020 sehingga program tersebut nantinya benar-benar bermanfaat untuk kemajuan daerah.

"Kesenjangan anggaran yang tersedia dengan kebutuhan pembangunan membuat kita perlu melakukan penajaman skala prioritas dan lebih fokus," kata Wali Kota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua pada Musrenbang RKPD Kota Gunungsitoli tahun 2019, Rabu.
 
Menurut dia, penajaman skala prioritas tersebut dilakukan supaya apa yang dibangun dan dikerjakan pada tahun 2020, dan telah diawali tahun 2018-2019 dapat lebih bermanfaat dan berguna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita harap Musrenbang RKPD kali ini bisa menjaga usulan yang telah disepakati dalam forum aspirasi masyarakat dan 
kita harus fokus pada skala prioritas yang paling utama dan paling kita butuhkan tahun 2019- 2020," tegasnya.

Ia juga menyampaikan jika dia telah menyampaikan maaf kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara atas keterlambatan penyerahan APBD Kota Gunungsitoli tahun 2019 karena  melewati batas yang telah ditentukan.

Dia berharap kepada sekretaris daerah, badan perencanaan pembangunan daerah dan seluruh kepala perangkat daerah agar dalam penetapan APBD tahun 2020 bisa tepat waktu. 

"Penetapan kebijakan umum anggaran dan plafon perencanaan anggaran sementara Kota Gunungsitoli tahun 2020 harus dapat dipercepat. Kami juga minta dukungan DPRD agar APBD Kota Gunungsitoli tahun 2020 bisa diserahkan kepada Pemprov Sumut paling lama bulan November 2019," katanya.***3***

Sebelumnya Sekretaris Bappeda Kota Gunungsitoli Karya Bate,e mengatakan  tujuan pembahasan musrembang RKPD tahun 2020 menyepakati indikator pembangunan di Kota Gunungsitoli. 

Kemudian menyelaraskan kegiatan dengan sasaran pembangunan Pemprov Sumut dan mengklarifikasi usulan yang disampaikan masyarakat.***3***
 

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019