Stok beras Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Utara aman hingga 10 bulan atau sebanyak 66.682 ton per 15  Maret 2019.

"Ketersediaan yang aman akan membuat Bulog lebih leluasa untuk memenuhi kebutuhan pasar khususnya saat dibutuhkan," ujar Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sumut, Basirun, di Medan, Jumat (15/3).

‌Menurut dia, untuk kebutuhan Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) yang sebesar 3.125 ton per bulan misalnya, Bulog Divre Sumut memiliki stok beras medium cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 22.445 ton.

‌Stok beras CBP itu setara untuk tujuh bulan penyaluran Bansos Rastra yang penyalurannya diperkirakan hanya sampai dengan bulan April 2019.

‌"Stok beras Bulog diperkirakan masih tetap banyak karena penyerapan di pasar juga melemah sejalan dengan masuknya masa panen padi di Sumut," ujarnya.

‌Ketersediaan beras di Sumut semakin banyak karena ada tambahan pasokan dari Aceh Timur yang juga panen di April.

‌Dia menjelaskan, masa panen yang terjadi pada April hingga Juni 2019 akan membuat ketersediaan beras di tengah masyarakat dan pasar lebih banyak. Dengan kondisi itu, maka selain permintaan berkurang, diprediksi harga jual juga tren turun.
 
Meski permintaan dan harga diperkirakan turun, namun Bulog tetap bersiaga untuk menjaga ketersediaan dan kestabilan harga jual di pasar.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019