Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) menggelar Latihan keamanan laut (Latkamla) selama dua hari untuk meningkatkan kemampuan para personel dalam mengadapi tindak pidana tertentu khususnya di wilayah perairan. 

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa negara kita terdiri dari ribuan pulau-pulau besar dan kecil dengan dua pertiga wilayahnya adalah perairan atau lautan, sehingga dibutuhkan kecakapan dan kemampuan untuk menjaga keamanannya," ujar Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas di Makassar, Rabu. 

Dia yang mewakili Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono mengatakan dengan latihan keamanan laut ini diharapkan adanya peningkatan kemampuan  personel TNI AL dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin kompleks. 

Latkamla sendiri diikuti 20 peserta berasal dari wilayah kerja Lantamal VI. Pada pembukaan Latkamla juga dilaksanakan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Wadan Lantamal VI.  

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan prajurit Lantamal VI di bidang operasi dan penegakan hukum di laut secara konsisten dan berkesinambungan," katanya. 

Dalam latihan yang digelar pada 13-14 Maret 2019 ini, prajurit akan diasah kemampuannya di bidang kekamanan terutama dalam mengatasi permasalahan penegakkan hukum yang terjadi di wilayah laut. 

"Latihan ini merupakan program Mabes TNI AL. Tujuan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan prajurit di bidang keamana laut, menyamakan pola piker, pola tindak dan pola sikap serta menguji doktrin dalam operasi keamana laut," terangnya. 

 

Pewarta: Antara

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019