Kementerian Pertanian RI mengajak para mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan agar menjadi "job creator" atau penyedia lapangan kerja.

"Bukan hanya pemerintah akan tetapi kita (mahasiswa) juga mampu menyediakan membuka lapangan pekerjaan baru," kata Irjen Kementan RI, Riduan Siahaan.

Riduan hadir di Polbangtan Medan, Senin, dalam rangka kuliah umum mengusung tema "Berselancar Dalam Gelombang Besar Perubahan Besar-besaran".

"Untuk bisa menjadi job creator maka yangmiliki inovatif, kreatif serta berani menghadapi risiko," katanya.

Selain itu open minded atau pikiran terbuka, open heart atau hati terbuka, dan open will atau wasiat terbuka.

"Makanya kalau ingin sukses jangan hanya belajar budidaya tetapi kuasai pasar dengan memperluas jaringan," ajaknya seraya mengatakan yang penting jaga integritas.
 
Mahasiswa Polbangtan Medan mengikuti kuliah umum dengan pemateri dari Kementerian Pertanian RI Riduan Siahaan. (Antara Sumut/Kodir)


Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini mengatakan Irjen Kementan RI Riduan Siahaan hadir dalam kuliah umum bersama rekannya Susanto.

Susanto, kata Yuliana, menjelaskan bahwa negara indonesia adalah negara agraris sehingga Kementan RI memiliki visi untuk menjadikan indonesia lumbung pangan dunia 2045, dan mendukung petani milenial untuk mewujudkannya.
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019