Relawan demokrasi yang berada di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai Sumatera Utara,  gencar bersosialisasi guna mendorong agar warga datang mempergunakan hak pilihnya  pada pemilu 17 April 2019.

Hal itu disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Binjai Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Robby Effendi, di Binjai, Senin.

Relawan ini melakukan sosialisasi dari berbagai tempat termasuk di dalam bus Trans Binjai dan dalam kesempatan Opera Van Lebay yang digelar komunitas pekerja seni di taman Selfie, katanya.

Sosialisasi yang dilakukan relawan demokrasi membawakan materi apa itu, dan pentingnya pemilu 2019, dimana disebutkan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk menggunakan suaranya dalam pesta demokrasi yang digelar serentak.

Robby juga menyampaikan selain tentang pemilu, Relasi juga menjelaskan tata cara pencoblosan dan jumlah surat suara yang dicoblos sekaligus, katanya.

"Yang pasti setiap basis yang ada di dalam relawan demokrasi (Relasi) terus melakukan sosialisasi berdasarkan target sasaran mereka masing-masing," sambungnya.

"Upaya ini terus dilakukan menyasar kantung dan simpul warga yang dinilai masih minim mendapatkan informasi soal pemilu 2019," jelasnya.

Termasuk juga relawan demokrasi sudah melakukan sosialisasi seperti kegiatan fun bike yang digelar komunitas Gowes 18 dilapangan Merdeka Binjai.

"Fokus relasi kini sudah diarahkan kedaerah perbatasan atau kelurahan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang," katanya.

Dimana tujuannya untuk menimalisasi hasil survey yang menyatakan masih ada 50 persen warga yang belum tahu pemilu 2019, itu berlangsung 17 April 2019, tandasnya. 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019