Sebanyak lima desa di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, yang mengikuti program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) sudah selesai dikerjakan, akan segera dilakukan serah terimanya untuk dapat dipergunakan oleh masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan Sekretaris kelompok kerja Pamsimas Langkat Surisuanto, di Stabat, Rabu.

Adapun kelima desa yang sudah selesai pengerjaan Pamsimas ini yaitu Desa Kebun Kelapa Kecamatan Secanggang, Desa Securai Selatan Kecamatan Babalan, Desa Suka Maju Kecamatan Tanjungpura, Desa Tebing Tanjung Selamat Kecamatan Padang Tualang dan Desa Sematar Kecamatan Bahorok.

"Kelima desa ini memprogramkan penyediaan air bersih guna diperuntukkan buat warganya yang selama ini belum menikmati air bersih," katanya.

Program Pamsimas ini merupakan program pemerintah pusat yang menjangkau kawasan daerah yang rawan air lalu pihak desa bersama dengan kelompok kerja masyarakat (KKM) membuat anggaran untuk diajukan kepusat sehingga turunlah dana shering, sambungnya.

Ada beberapa desa lagi yang program tersebut sedang dalam tahap penyelesaian dilapangan diantaranya Desa Pematang Cengal Kecamatan Tanjungpura, Desa Bukit Sari Kecamatan Padang Tualang.

Selain itu juga sedang difokuskan untuk penyelesaian secepatnya program tersebut di Desa Pantai Gemi Kecamatan Stabat dan Desa Teluk Bakung Kecamatan Tanjungpura, dimana program ini semaunya melibatkan masyarakat setempat.

Hingga sekarang ini ada beberapa kendala dilapangan yang harus secepatnya diatasi diantaranya masalah sumber air, pemasangan aliran listrik termasuk berbagai kendala lainnya yang harus cepat diselesaikan sehingga program ini akan bisa tepat waktu, tepat sasaran dan tepat penggunaannya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019