Tim Penggerak PKK Kota Binjai, Sumatera Utara, melaksanakan kegiatan bermain dan belajar untuk anak-anak di Taman Balita di Jalan Veteran Binjai, Jumat. 

Kegiatan ini dengan sasaran anak-anak PAUD, taman kanak kanak dan RA se-Kota Binjai yang bertujuan memfungsikan keberadaan Taman Balita sebagai taman kota yang berfungsi sosial, edukatif dan rekreatif.  

Pada kegiatan perdana diikuti anak-anak RA Aisyiyah, ABA Nangka dan TK Mufin dari Kecamatan Binjai Utara, turut hadir Wakil  Ketua TP PKK Kota Binjai, Ny Nany Timbas Tarigan bersama petugas dari Dinas Kesehatan, Puskesmas Binjai Utara dan Ketua TP PKK Kecamatan Binjai Utara.

Selama sekira dua jam, anak-anak bermain dan bernyanyi dengan gembira. Di sela itu, mereka mendapatkan penjelasan tentang cara menjaga kesehatan gigi dan cara menyikat gigi secara benar yang disampaikan oleh drg Handoko dari Puskesmas Binjai Utara.

"Cara menyikat gigi yang benar itu dimulai dari gusi terus disikat kebawah ke gigi, kenapa seperti itu, agar sela-sela gigi juga kena sikat. Penyikatannya dilakukan pelan-pelan, jangan ditekan kuat-kuat nanti gusinya rusak”, jelasnya.

Setelah itu disampaikan tentang pentingnya  menjaga kesehatan mata oleh bidan dari Puskesmas Binjai Utara.

“Vitamin A itu sangat berguna untuk mata, kalau dikasih vitamin A jangan tidak diminum. Kalau mata kita rusak kita tidak bisa membaca, melihat, tidak bisa jalan, makanya kalau dikasih obat vitamin A oleh puskesmas harus diminum ya,” jelasnya.

Kepada anak anak juga diajarkan tentang perilaku hidup bersih dan sehat, seperti bagaimana cara membersihkan atau mencuci tangan secara benar disertai praktiknya.

Nany Timbas Tarigan menyebutkan kegiatan bermain dan belajar di Taman Balita  merupakan program PKK sejak Oktober 2017,  dan kembali dilaksanakan mulai 1 Maret  dengan jadwal tiga kali dalam sepekan. Selain  untuk memanfaatkan keberadaan Taman balita sebagai taman kota, melalui kegiatan ini anak-anak akan mendapatkan banyak pembelajaran, seperti  membuat origami, mendengarkan dongeng, perilaku hidup bersih dan sehat, cara bertanam dan lain-lain. 

"Semuanya bertujuan untuk membantu tumbuh kembang anak, meningkatkan kecerdasan, dan menanamkan nilai-nilai positif pada diri anak," katanya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019