Batubara (Antaranews Sumut) - Masyarakat di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, diajak untuk memanfaatkan pekarangan masing-masing dengan melakukan penanaman sayuran dan tamana lainnya sebagai salah satu pendukung ketahanan pangan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Pemkab Batubara Amirudin SP MSi di Limapuluh, Jumat, mengatakan, ketahanan pangan nasional tidak bisa langsung diwujudkan dengan tiba-tiba, melainkan harus dimulai dari ketahanan pangan rumah tangga. 

Untuk itu sangat penting bagi setiap rumah tangga untuk dapat mengakses pangan dengan mudah, salah satunya dari perkarangan rumah masing-masing yang memang selama ini masih banyak yang belum memanfaatkannya. 

"Jadikan dan manfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber daya atau aset keluarga untuk memenuhi kebutuhan pangan.
Tujuan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai penyedia pangan sekaligus memberikan contoh bagi masyarakat lain," katanya.

Dengan memanfaatkan lahan pekarangan, lanjut dia, pangan dapat tersedia setiap saat untuk memenuhi kebutuhan keluarga, juga sebagi upaya meningkatkan penyediaan sumber pangan keluarga yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan meningkatkan kualitas konsumsi masyarakat.

Selain itu juga mermanfaat dalam upaya meningkatkan pendapatan rumah tangga, meningkatkan akses pangan keluarga, konservasi sumber daya genetik lokal, dan mengurangi jejak karbon serta emisi gas pencemar udara.

"Untuk mensukseskan program pemanfaatan pekarangan, dukungan semua pihak sangat kami harapkan. Manfaatkan lahan pekarangan, jangan sampai kosong tidak ada tanaman sejengkal pun," katanya.

Pewarta: Suhaimi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019