Tanjungbalai (Antaranerws Sumut) - Memasuki hari kedua forum konsultasi publik penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020, Pemkot Tanjungbalai prioritas terhadap tujuh program termasuk pembangunan infrastruktur.

Sesuai catatan, delapan program prioritas tersebut meliputi, penguatan tata kelola pemerintahan kualitas kehidupan beragama, peningkatan daya saing ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sslanjutnya, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan aksebilitas dan pelayanan kesehatan, peningkatan penataan kawasan melalui pembangunan Infrastruktur berwawasan lingkungan.

Kemudian, pemantapan kehidupan berdemokrasi dan penegakan hukum, penguatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ketahanan serta kemandirian sosial masyarakat.

Kepala Bappeda Pemkot Tanjungbalai, Ahmad Solihin, mengatakan, selain berbagai program prioritas itu masih banyak program yang akan dirumuskan dari sesuai hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan dan kecamatan.

Demikian juga dari hasil musrenbang tingkat kota dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjadi acuan dalan merumuskan RKPD yang disusun guna menjamin keterkaitan dan konsistensi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta pengawasan.

"Pada prinsipnya RKPD diselaraskan dengan visi-misi pemerintah kota yaitu mewujudkan Tanjungbalai Berprestasi, Relegius, Sejatera, Indah dan Harmonis atau BERSIH," ujar Ahmad Solihin di Balai Kota, Selasa (19/2).

Sebagaimana diinformasikan, forum publik penyusunan RPKD 2020 itu sehari sebelumnya (18/2) dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tanjungbalai, H.Muhammad Syahrial dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Tanjungbalai, Rusnaldi Darma.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019