Batubara (Antaranews Sumut) - Musrenbang harus digunakan sebaik-baiknya untuk menyampaikan sebanyak-banyaknya gagasan dan usulan untuk kita realisasikan pada tahun anggaran mendatang.

"Harapan kita, dari sekian banyak gagasan dan usulan tersebut, dapat sama-sama dibahas agar lebih sempurna, dan disepakati untuk dapat direalisasikan guna memperoleh manfaat terbaiknya bagi kemajuan daerah," kata Bupati Batubara Ir H.Zahir MAP di Lima Puluh, kamis.

Kepala desa atau lurah, tentu lebih memahami kebutuhan desa atau kelurahan masing-masing, untuk memprioritaskan beberapa hal yang dirasa paling penting untuk segera diwujudkan atau dilaksanakan pada tahun depan, jangan sampai hal itu tidak tersampaikan.

"Ini merupakan salah satu nawa cita dari Presiden Ir H.Joko Widodo membangun Indonesia dari pinggiran dan memperkuat daerah dan desa dalam Negara kesatuan," katanya.

Yang perlu kita pahami, kata dia, bahwa kita tetap memiliki keterbatasan, baik itu dalam aspek anggaran maupun pelaksana. Karenanya, program-program atau kegiatan yang bersifat antar-desa dan/atau antar-sektor tentu akan lebih mudah untuk kita sepakati. 

Semua juga sama-sama memahami, bahwa dalam beberapa tahun kedepan kita masih tetap memprioritaskan pembangunan kualitas sumber daya manusia, utamanya melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan. 

"Namun kita juga tetap tidak meninggalkan ekonomi kerakyatan dan infrastruktur," Pemerintah sudah bekerja keras pada tahun-tahun sebelumnya, namun harus kita teruskan kerja keras tersebut pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang, dengan cara yang lebih cerdas.

Pewarta: Suhaimi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019