Gunungsitoli (Antaranews Sumut) - Komisi Pemilihan Umum Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menerima surat suara untuk pemilu 2019 berlebih sebanyak sebanyak 2.805 lembar.

"Ada sebanyak 2.805 lembar kelebihan surat suara kami terima. Saat ini masih kita simpan di gudang logistik," kata Ketua KPU Kota Gunungsitoli Firman Gea, Kamis. 

Ia mengatakan, kelebihan surat suara tersebut baru diketahui setelah pihaknya melakukan penghitungan jumlah kotak berisi surat suara yang telah diterima. 

"Surat suara lebih yang kita terima adalah surat suara untuk pemilihan DPRD di Kota Gunungsitoli, dan jumlahnya ada sebanyak 2.805 lembar, " jelasnya. 

Namun, untuk surat suara pemilihan DPR RI dan DPRD Provinsi,  Ketua KPU Kota Gunungsitoli mengaku ada kekurangan. 

Surat suara pemilihan untuk DPR RI yang kurang ada sebanyak 196 lembar dan untuk pemilihan DPRD provinsi juga kurang sebanyak 196 lembar. 

Kelebihan dan kekurangan surat suara yang diterima akan dilaporkan kepada KPU pusat, karena KPU pusat yang mengatur pengiriman logistik surat suara. 

Ia juga menyampaikan surat suara pemilihan DPRD Kota Gunungsitoli yang diterima berjumlah 92.628 lembar, sedangkan surat suara yang dibutuhkan hanya sebanyak 89.823 lembar. 

Pemusnahan kelebihan surat suara yang sebanyak 2.805 lembar dan penambahan surat suara yang kurang menunggu petunjuk dari KPU pusat yang melakukan pengiriman. 

"Surat suara sebanyak 2.805 yang lebih adalah surat suara pemilihan DPRD Kota Gunungsitoli untuk daerah pemilihan I sebanyak 923 lembar, daerah pemilihan II sebanyak 919 lembar dan daerah pemilihan III sebanyak 963 lembar," katanya.
 

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019