Tanjungbalai (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kota dan Polres Tanjungbalai menyatakan komitmen sinergitas dalam penyaluran bantuan sosial (Bansos) 2019 yang akan direalisasikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di daerah  itu.

Kerja sama antara institusi eksekutif dan yudikatif itu terungkap dalam rapat koordinasi satuan tugas (satgas) bansos Kota Tanjungbalai dipimpin Wakapolres Tanjungbalai Kompol Edi Bona Sinaga, di Aula Pesat Gatra, Mapolres Tanjungbalai, Kamis (31/1) sore.

Dalam rakor itu, Kepala Dinas Sosial Tanjungbalai M.Idris Sikumbang menjelaskan, dalam waktu dekat pemerintah pusat akan menyalurkan bansos berupa Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Sehat, Program Keluarga Sejahtera dan Program Keluarga Harapan.

Terkait penyaluran bansos tersebut, Idris berharap pihak kepolisian resort Tanjungbalai membantu melakukan pengawasan dan koordinasi dilapangan sehingga penyaluran/pencairannya sesuai dengan harapan bersama.

"Pengawasan pihak polri ketika penyaluran bansos dalam bentuk uang tunai, bertujuan untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan yang dikhawatirkan masuk ke ranah hukum," kata Idris.

Wakapolres Tanjungbalai Kompol Edi Bona Sinaga berharap kegiatan penyaluran bansos itu bisa terlaksana sesuai keinginan atas koordinasi dan kerja sama yang baik antara kepolisian dengan Dinas Sosial. 

"Tujuan polri ikut serta dalam penyaluran bansos ini untuk meningkatkan keamanan serta mencegah kemungkinan berbagai jenis permasalahan yang bisa saja terjadi. Semoga pelaksanaannya berjalan lancar sesuai harapan bersama," ujar Wakapolres.

Kepala Bappeda Tanjungbalai Ahmad Solihin mengatakan kegiatan bantuan sosial itu merupakan kebijakan umum pemerintah pusat yakni Kementerian Sosial yang mengharuskan penyalurannya tepat pada sasaran. 

Atas nama Pemkot Tanjungbalai, Ahmad Solihin mengapresiasi komitmen Polres Tanjungbalai terkait program kerjasama dalam rangka pengawasan dan pendampingan penyaluran bansos 2019 kepada KPM.

"Terima kasih atas kesiapan Polres Tanjungbalai mendampingi sekaligus mengawasi bantuan sosial sehingga nantinya bisa terlaksana dengan baik, lancar dan tepat sasaran," kata Ahmad Solihin mengapresiasi.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019