Langkat (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, Sumatera Utara, menyelenggarakan forum konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) untuk tahun 2020, yang akan dilaksanakan nantinya oleh Bupati terpilih.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bupati Langkat  Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Mulyono, di Stabat, Rabu.

Mulyono menyampaikan pelaksanaan proses Musrenbang untuk perencanaan tahun 2020, harus mempergunakan visi Bupati terpilih yaitu terwujudnya masyarakat yang maju, sejahtera dan religius berwawasan lingkungan.  

Baca juga: Bupati Langkat bantu HUL Ke-95 Tuan Guru Babussalam

Oleh karena itu, RKPD tahun 2020 harus lebih cermat dan terintegratif, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Langkat secara tepat dan stategis.

Itu dimaksudkan guna mewujudkan Visi dan misi Bupati Langkat priode 2019-2024, katanya.

Selain itu, penyusunan RKPD juga harus mengacu pada sistem perencanaan nasional, maka RKDP 2020 yang akan direncanakan diharuskan merujuk pada dokumen-dokumen perencanaan RPJP Nasional, RPJM Nasional dan RKP tahun 2019 serta RPJPD Sumatera Utara, RPJMD dan RKKPD Kabupaten Langkat tahun 2019.

Terutama harus dilihat dari keterkaitan prioritas pembangunan kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilakasanakan tahun 2020, harapnya.

Dalam penyusunan RKDP 2020 Pemkab Langkat akan mengangkat enam prioritas pembangunan dengan tujuan utama peningkatan kesejahteraan masyarakat, sebagai hasil dari Form Group Discussion Teknokratik RPJMD 2019-2014.

Diantaranya meningkatkan kualitas pelayan publik dan tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif, mewujudkan kemandirian dengan menggerakan sektor-sektor strategis ekonomi lokal untuk dapat bersaing di pasar Internasional. 

Selain itu pemerataan pembangunan sampai ketingkat desa, meningkatkan kualitas hidup manusia, meningkatkan ketentraman, ketertiban dan kenyamanan, meningkatkan kerukunan masyarakat dengan mengangkat kebudayaan lokal dan kesetaraan gender.
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019